Kompas.com - 03/10/2014, 08:18 WIB
Sambal lalapan. ARSIP DOYANKULINER.COMSambal lalapan.
|
EditorI Made Asdhiana

 

JAKARTA, KOMPAS.com Idul Adha sebentar lagi datang. Sudah terbayang bukan lezatnya sajian dan beragam hidangan olahan daging kambing di rumah? Tetapi, bukannya menikmati hidangan kambing di perayaan tersebut, orang lebih banyak yang takut bukan hanya aroma prengus daging kambing tapi juga dampak kolesterol setelah menikmatinya.

Arie Parikesit, seorang pakar kuliner memberikan tips untuk menetralisir setelah menikmati hidangan daging kambing. “Timun efektif menjadi penetralisir alami, kalau di Aceh sana karena banyak warung makan yang menyajikan daging kambing biasanya ada pasangan untuk minumannya, yaitu es mentimun,” ungkapnya.

Hal berbeda lainnya, ditemui saat ia berada di Yogyakarta. “Kalau di tempat lain semisal Jogja, hidangan daging kambing disajikan dengan lalapan yang banyak. Dari lalapan tersebut pasti ada timun, habisin saja semuanya itu bagus sebagai penetralisir,” ungkap Arie yang ditemui saat Konferensi Pers inspirasi hidangan Kuliner Daging Kambing dari Kecap Bango beberapa waktu lalu.

KOMPAS/EDDY HASBY Sate Ayu, Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (13/3/2014).

Menurut Arie, daging kambing secara maknaan bersifat mengeluarkan panas sedangkan timun bersifat dingin. “Kalu es mentimun, sudah sifat mentimun dingin, ditambah es jadi semakin dingin. Nah kalau lalapan biasanya juga ada tambahan tomat, itu juga bagus untuk penetralir. Habiskan, itu bukan hanya hiasan tapi memang ada manfaatnya,” urai Arie.

Begitu juga saat menikmati daging kambing di perayaan Idul Adha mendatang di rumah. Lalapan timun yang mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau dapat menjadi teman pendamping setelah menikmati hidangan daging kambing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.