Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biak Tuan Rumah Festival Kreasi Seni Tari Se-Papua

Kompas.com - 03/10/2014, 10:52 WIB
BIAK, KOMPAS.com - Kabupaten Biak Numfor menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Kreasi Seni Tari se-Provinsi Papua yang dijadwalkan pada 14-19 Oktober 2014.

Pejabat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Biak Numfor, Y Usior M.Si di Biak, Kamis (2/10/2014), mengatakan ajang festival kreasi seni itu menjadi sarana bagi seniman se-Papua untuk saling memperlihatkan kemampuan seni budaya asli daerah masing-masing.

"Ajang festival kreasi seni ini juga diharapkan menjadi tempat promosi kegiatan kepariwisataan daerah untuk mengangkat berbagai kebudayaan asli masyarakat kita," ungkap Usior.

Dia menyebutkan berbagai ajang yang dilombakan dalam festival seni kreasi itu di antaranya pameran dan penataan panggung, tari kreasi Papua, musik khas daerah, vokal grup serta atraksi tarian khas Papua.

Ia mengakui hingga mendekati hari pelaksanaan festival kreasi seni itu pihak panitia penyelenggara telah menerima kepastian sekitar 14 kabupaten/kota ikut serta dalam kegiatan seni budaya asli tersebut. "Sebagai tuan rumah kita harus mampu menyelenggarakan kegiatan festival yang setiap tahun dipusatkan di daerah ini," ujar Usior menanggapi kesiapan pembukaan kegiatan tersebut.

Menyinggung paket atraksi wisata menangkap ikan bersama di air laut surut, menurut Usior, sesuai program akan dilakukan pada tahun 2015 dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat adat setempat.

Berdasarkan data sejumlah kabupaten yang telah menyatakan kesediaan untuk hadir dalam ajang kreasi seni Papua di antaranya Kabupaten Merauke, Jayawijaya, Supiori, Waropen, Yapen Kepulauan serta Kabupaten dan Kota Jayapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com