Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Nasional Pamerkan Patung Buddha Tertua

Kompas.com - 03/10/2014, 11:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Museum Nasional Indonesia memamerkan patung Buddha Dipangkara tertua yang merupakan peninggalan abad ke-2 Masehi untuk meningkatkan pengetahuan kesejarahan masyarakat.

"Patung Buddha Dipangkara berbahan baku perunggu ini merupakan koleksi tertua di antara 141 ribu koleksi patung di Museum Nasional," kata Pengurus Layanan Edukasi Museum Nasional, Asep Firman Y di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Asep menjelaskan patung Buddha Dipangkara diperkirakan peninggalan abad ke-2 Masehi karena dilihat dari gaya seni, struktur dan bentuk abad ke-2 dari India Selatan, ditemukan di Sikendeng Mamuju, Sulawesi Barat.

"Para nelayan di Sulawesi mempercayai patung ini membawa keberkahan dan kebaikan dalam melaut, karena dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan," ujarnya.

Menurut Asep, kemungkinan arca tersebut dibawa pelaut karena tidak ditemukan kerajaan Hindu-Buddha tapi itu bukan asli buatan Indonesia karena didatangkan dari luar merupakan interpretasi ahli arca dilihat dari gaya seni abad ke-2 ditemukan Disikendeng Mamuju.

"Sampai saat ini, tidak menemukan bekas peradaban Hindu Buddha, dan tidak ditemukan kerajaan di sana. Buddha Dipangkara merupakan Buddha penjaga laut dan kemungkinan dibawa pelaut sehingga ada di wilayah Sulawesi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com