Kompas.com - 03/10/2014, 12:24 WIB
Ilustrasi wisatawan KOMPAS/LUCKY PRANSISKAIlustrasi wisatawan
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencanangkan tiga bulan program "injury time" menghadapi masa puncak kunjungan wisman pada akhir tahun untuk mengejar target kunjungan 9,3 juta orang sampai tutup tahun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (2/10/2014), menyebutkan dalam tiga bulan terakhir yakni Oktober, November, dan Desember 2014, pihaknya menggandeng pelaku industri untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

"Kemenparekraf bersama Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) maupun stakeholder lainnya menggencarkan promosi secara efektif untuk menarik wisman," katanya.

Upaya itu terutama untuk menjaring wisman dari pasar terdekat seperti negara kawasan ASEAN termasuk Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina, serta Australia, dan Tiongkok.

Strategi promosi yang disebut injury time ini melibatkan maskapai penerbangan nasional yang menjual paket-paket wisata menarik ke sejumlah destinasi wisata unggulan di Tanah Air.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Wisatawan asing tiba di Bandara Frans Seda, Maumere, Nusa Tenggara Timur, Jumat (17/5/2013). Wisata alam, rohani dan sejarah menjadi andalan sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur.
Beberapa event besar yang berpotensi menarik kunjungan wisman sepanjang Oktober hingga Desember 2014 antara lain Ubud Writers & Readers Festival: Wisdom & Knowledge di Bali (1 Oktober 2014) dan Jakarta Marathon (26 Oktober 2014). Selain itu juga ada Celebes Travel Mart di Makassar (14 November 2014) dan MTQ Internasional di Palembang.

Menparekraf memproyeksikan akhir 2014 jumlah kunjungan wisman ke Indonesia akan mencapai sekitar 9,3 juta hingga 9,5 juta wisman atau sesuai target yang ditetapkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan perolehan devisa pariwisata tahun ini diproyeksikan sekitar 11 miliar dollar AS atau tumbuh 10,7 persen dibandingkan tahun lalu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.