Kompas.com - 04/10/2014, 16:04 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

SEKARANG ini, memotret pakai smartphone sudah jamak dilakukan. Namun Anda mungkin sekadar mengabadikan saja kelucuan-kelucuan si kecil tanpa mempertimbangkan teknik atau fitur yang sebetulnya tersedia pada kamera ponsel pintar Anda. Nah, kini tak ada salahnya Anda mulai “mengoprek” apa saja fitur foto pada smartphone yang bisa memaksimalkan hasil bidikan Anda terhadap si kecil.

Jadi, mulailah ambil sebanyak mungkin momen unik dan menyenangkan bersama si kecil dengan menggunakan ponsel pintar Anda sekarang juga! Tapi jangan lupa, terapkan sejumlah tips memotret berikut agar hasilnya semakin menakjubkan, sehingga acara mengabadikan momen indah bersama buah hati menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Seperti tips memotret dengan smartphone yang terangkum dalam sebuah buku karya fotografer dunia Me Ra Koh, "Your Child in Pictures: The Parents’ Guide to Photographing Your Toddler and Child from Age One to Ten" (Amphoto Books, 2013) berikut ini:

1. Lupakan Fitur Zoom dan Mendekatlah!
Kendati kamera ponsel memiliki fitur zoom  (memperbesar), namun tetap saja hasilnya sangat terbatas sehingga hasil akhirnya biasanya tak akan sejelas jika Anda memotret objek dalam jarak yang lebih dekat.

2. Atur Resolusi ke Posisi "High"
Sejumlah kamera ponsel yang cukup canggih memiliki kualitas pengaturan yang cukup mumpuni, termasuk untuk mengatur kualitas foto atau resolusinya. Pastikan Anda selalu menggunakan resolusi tinggi saat memotret, dengan mengatur fitur Resolution ke posisi "High".

3. Gunakan Pengaturan Cahaya (Tonal Range)
Fitur ini penting digunakan agar Anda bisa mengatur pencahayaan saat memotret di tempat yang terang (outdoor ) atau di tempat dengan penerangan terbatas (indoor ). Caranya, aktifkan mode HDR yang ada pada tombol pengaturan (Setting). Mode ini akan menghasilkan tiga kali penyempurnaan pengambilan gambar, dengan memadukan pencahayaan yang baik, bayangan, serta warna foto alami yang akan dihasilkan.

4. Perhatikan dan Maksimalkan Pencahayaan
Sejumlah kamera ponsel memang tidak sesensitif kamera saku, dan seringkali kehilangan detail, ketajaman, dan kejernihan hasil foto ketika memotret di tempat yang gelap atau kurang pencahayaan. Jadi, perhatikan selalu soal pencahyaan di mana pun Anda memotret si kecil. Namun Anda pun bisa tetap memanfaatkan kekurangan yang ada di sekitar dengan cara mengambil sudut-sudut gambar yang unik dan kreatif, sehingga hasilnya pun tetap menakjubkan.

5. Gunakan Flash (Lampu Kilat)
Saat ini sudah semakin banyak kamera ponsel yang dilengkapi lampu kilat (flash ), sehingga Anda bisa dengan leluasa mengabadikan foto di mana pun dan kapan saja bersama si kecil, tanpa gagal. Uniknya lagi, flash saat ini sudah banyak tersedia sebagai aplikasi tambahan yang bisa dengan mudah Anda unduh di ponsel pintar. Aktifkan terus tombol flash untuk menghasilkan foto sempurna, terutama saat si kecil sedang aktif bergerak ke sana ke mari untuk mengurangi hasil foto goyang.

6. Memotret Si Kecil Diam-diam
Tak jarang si kecil langsung berpose saat tahu Anda sudah bersiap mengabadikannya dengan kamera ponsel di tangan. Nah, inilah saatnya Anda memotret candid  atau memotret si kecil dengan diam-diam, untuk mendapatkan ekspresi wajah dan gerakan yang alami. Agar tak ketahuan, Anda pun bisa mengaktifkan tombol Off untuk suara agar saat memotret si kecil tak mendengar suara khas jepretan dari kamera ponsel pintar Anda.

7. Kreatif Mengambil Sudut Gambar
Sesekali menghasilkan foto tak bias, tentu akan membuat Anda bangga terhadap diri sendiri yang tak kalah dengan fotografer kelas dunia. Cobalah sesekali memotret dari arah atas, samping, atau bahkan belakang, ketimbang memotret terus menerus dari arah depan. Selain mengurangi kebosanan, Anda pun bisa menciptakan foto unik yang bisa menjadi kenang-kenangan yang tak terlupakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.