Kompas.com - 04/10/2014, 19:18 WIB
Hida Kokubunji Temple cowardlion / Shutterstock.com Hida Kokubunji Temple
EditorNi Luh Made Pertiwi F
TAK perlu jauh-jauh ke Eropa untuk menikmati salju. Kita bisa menyaksikan pemandangan musim dingin yang indah, di sebuah kota kecil Hida Takayama, Jepang.

Hida Kokubunji Temple

Sore itu juga kami berdua segera mengeksplorasi Takayama. Saya suka dengan kota ini. Takayama yang sederhana, tidak terlalu ramai, tidak terlihat kepadatan lalu lintas, apalagi macet, tidak ada hingar bingar klakson. Semua damai di sini, waktu seolah melambat dan saya menikmatinya. Hida Kokubunji Temple, dibangun sekitar tahun 746 oleh Kaisar Shomu, dibangun sebagai tempat untuk berdoa bagi perdamaian dan kemakmuran bangsa.

Mata saya tertuju kepada pohon yang sedang rontok, tinggal dahannya saja yang mongering, namun pohon ini terlihat sangat cantik karena dibalut oleh salju yang cukup tebal. Ketika saya mendekat saya tau jika pohon itu adalah pohon Ginko yang sudah berusia 1200 tahun. Di sebelahnya berdiri gedung utama, kuil utama ini memiliki struktur yang cukup tua karena berasal dari abad ke-16, dan tiga pagoda disekitarnya baru dibangun pada tahun 1821.

Tiba-tiba aura magis terasa begitu saya mendekati kuil utama. Beberapa pengunjung dari etnis Asia memasuki kuil utama, membunyikan lonceng beberapa kali kemudian berdoa, awalnya saya tidak tahu kenapa mereka harus membunyikan lonceng terlebih dahulu ketika hendak berdoa, beberapa saat kemudian saya mendapatkan jawabannya dari seorang bapak yang sedang melakukan perjalanan. Katanya agar alam semesta mendengarkan yang kita panjatkan dalam doa-doa kita kepada sang pencipta.

Sarubobo

Hida Takayama memiliki maskot yang diberi nama Sarubobo. Sarubobo adalah boneka tanpa wajah yang dikenal secara umum sebagai Happy Monkey Doll. Saru dalam bahasa Jepang berarti monyet dan Bobo adalah bayi dalam dialek Takayama. Menurut cerita yang beredar kenapa maskot ini menjadi penting di Takayama karena Sarubobo dikaitkan dengan 3 perlindungan utama yaitu Perlindungan dari hal-hal buruk, Perlindungan untuk memiliki rumah dan keluarga yang bahagia, serta perlindungan saat kelahiran.

Shutterstock Hida Takayama memiliki maskot yang diberi nama Sarubobo. Sarubobo adalah boneka tanpa wajah yang dikenal secara umum sebagai Happy Monkey Doll.
Konon Sarubobo dibuat oleh nenek untuk cucu mereka sebagai boneka pelindung, menurutnya boneka ini akan selalu menjaga anak perempuan agar selalu berbahagia, karena itu kemudian Sarubobo diberikan juga pada saat pernikahan, dengan tujuan agar pernikahan tersebut menjadi pernikahan yang baik. Boneka ini umumnya berwarna merah tanpa memiliki fitur wajah, salah satu alasannya kenapa tidak memiliki fitur wajah adalah agar si pemilik dapat membayangkan bahwa saat mereka bahagia Sarubobo akan turut bahagia, saat mereka sedih Sarubobo akan turut bersedih pula.

Sarubobo hanya dapat dijumpai di Takayama, dan saat ini telah menjadi souvenir yang popular untuk para pengunjung. Selain warna merah Sarubobo juga tersedia dalam warna lainnya dengan arti yang berbeda. Jika ingin membeli, sesuaikan dengan warna kesukaan kita, seperti misalnya: Biru untuk keberuntungan dalam belajar dan bekerja, merah muda untuk keberuntungan cinta, hijau untuk keberuntungan dalam kesehatan. Sedangkan kuning untuk keberuntungan dalam uang dan hitam untuk keberuntungan dalam menghapus nasib buruk.

Hida No Sato

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.