Kompas.com - 05/10/2014, 17:15 WIB
EditorI Made Asdhiana
SUASANA damai langsung terasa saat perahu kami tiba di Kampung Cinibung, Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Ketenangan dan privasi menjadi keunggulan Cinibung yang belum terlalu ramai disinggahi para pelancong.

Begitu sampai di vila Honje Ecolodge, Sabtu (16/8/2014) sekitar pukul 16.00, rombongan World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia, Majelis Ulama Indonesia, dan Universitas Nasional Jakarta disambut kehangatan warga setempat. Berbagai penganan lokal, seperti jojorong, pasung putih, dan apem, disuguhkan.

Kue-kue berbahan tepung beras itu bersama es kelapa muda menjadi penawar lelah yang mujarab seusai menempuh perjalanan selama tiga jam dengan perahu cepat dari Pulau Peucang. Badan tak enggan lagi diajak beranjak dari pondok kecil di tepi Pantai Keusik Panjang yang kami tempati.

Menjelang petang, barulah pantai itu menampakkan puncak pesonanya. Matahari terbenam di ufuk barat membentuk siluet indah pepohonan kelapa di Semenanjung Ujung Kulon. Tak terlihat pengunjung di pantai selain kami. Hanya terlihat dua nelayan menjaring ikan.

Pantai dengan air jernih itu sangat menggoda kami untuk berenang. Selepas senja, kami kembali ke vila untuk mandi dan makan malam. Suguhan ikan kuwe dan kerapu bakar, selar pedas, serta cumi tepung, dan kakap merah goreng sungguh menggugah selera.

Sayur jantung pisang dan aneka sambal, seperti tomat, kecap, dan honje, membuat kami semakin lahap. Honje adalah tanaman yang buahnya berisi biji-biji dengan rasa asam. Campuran honje, cabai merah, tomat, gula merah, dan bawang merah bakar menghasilkan sambal khas yang sangat segar sebagai teman menyantap ikan.

Setelah bersantap, kelopak mata terasa berat. Tanda tubuh yang lelah minta berpindah ke peraduan. Semilir angin malam yang sejuk dan vila yang nyaman membuat tidur kami sangat lelap. Esoknya, kami bangun dengan badan yang bugar dan siap memulai aktivitas.

Pagi di Cinibung tak kalah memukau. Matahari yang baru muncul membuat panorama bak lukisan cantik. Sinar matahari lembut yang jatuh di laut biru dan tenang mengajak kami untuk berjalan-jalan menyusuri Keusik Panjang. Panjang pantai itu sekitar 400 meter. Tak heran arti dari nama pantai tersebut adalah pasir panjang.

KOMPAS/DWI BAYU RADIUS Pantai Cinibung, di Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.
Selain itu, ada tempat lain yang bisa disinggahi, yakni Pantai Daplango dengan panjang sekitar 200 meter. Pantai di Cinibung berombak tenang sehingga sangat cocok untuk wisatawan yang gemar berenang dan membawa anak-anak.

Naik daun

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.