Kompas.com - 06/10/2014, 09:21 WIB
EditorI Made Asdhiana
SAMPIT, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur makin optimistis mampu menjadikan daerah ini sebagai kota tujuan wisata di Provinsi Kalimantan Tengah mulai 2015 nanti.

"Apa yang kami lakukan saat ini mungkin baru akan terasa beberapa tahun mendatang. Pembenahan yang dilakukan untuk mendukung keinginan menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata. Bali bisa, mengapa kita tidak?" ucap Bupati Kotawaringin Timur, H Supian Hadi di Sampit, Minggu (5/10/2014).

Keinginan menjadikan Sampit sebagai kota wisata, menurut Supian, bukan sesuatu yang mustahil. Mengingat, Kotim memiliki potensi luar biasa di bidang pariwisata, seperti wisata alam, budaya hingga keagamaan.

Kembali dipopulerkannya ikan jelawat sebagai ikon daerah, merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukung tekad menjadikan Sampit sebagai kota wisata. Saat ini pembangunan ikon kota dengan mengusung maskot patung ikan jelawat di pinggir sungai Mentaya, sudah hampir rampung.

Supian yakin sektor pariwisata akan berdampak positif terhadap kemajuan perekonomian masyarakat karena banyak efek positif lain yang ditimbulkan jika sektor ini terus mengalami peningkatan.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Ikan Jelawat di Warung Kampoeng Delin, Sampit, Kalteng.
Hal itulah yang membuatnya ngotot membenahi Sampit dengan memperbaiki dan membangun ulang obyek-obyek tersebut. Meski semua program belum berakhir, namun dampak positifnya mulai dirasakan oleh masyarakat.

"Nanti pertumbuhan sektor lain juga akan mengikuti. Misalnya usaha kecil menengah, jasa transportasi dan lainnya. Semua yang kami lakukan ini murni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Supian.

Sejak dilantik pada 2010 lalu, Supian mengaku bertekad untuk bekerja keras meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia ingin masyarakat Kotim tidak terus mencari pekerjaan, tetapi diharapkan bisa menciptakan pekerjaan bagi dirinya dan orang lain.

Peningkatan sektor pariwisata nantinya diharapkan bisa membuka peluang ekonomi di sektor lain agar masyarakat makin bersemangat untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.