Kompas.com - 06/10/2014, 12:54 WIB
EditorI Made Asdhiana
BIAK, KOMPAS.com - Pengelola jasa pelabuhan laut Kabupaten Biak Numfor, Papua setiap bulan rutin melayani kunjungan kapal turis yang ingin mengunjungi berbagai obyek wisata di wilayah paling Timur Indonesia.

General Manager Pelindo IV (Persero) Roy Simanjuntak di Biak, Jumat (3/10/2014), mengakui kunjungan rutin kapal turis dengan jumlah penumpang 70 hingga 100 penumpang bertujuan melihat obyek wisata alam dan obyek wisata sejarah.

"Jumlah kunjungan turis bisa lebih besar setiap bulan, karena itu berbagai obyek wisata yang masih dimiliki Biak harus dijaga karena itu menjadi daya tarik wisatawan ke daerah," ungkap Roy.

Ia mengakui dengan rutin kunjungan kapal wisatawan ke Biak maka daerah akan memperoleh pendapatan, di antaranya biaya untuk keperluan transportasi turis hingga membeli berbagai kebutuhan barang produk lokal.

Menurut Boy, PT Pelindo IV cabang Biak akan membantu Pemkab Biak Numfor untuk mendatangkan wisatawan ke daerah sehingga mendongkrak penerimaan pendapatan asli daerah.

"Fasilitas berbagai obyek wisata alam dan sejarah Biak masih menjadi daya tarik turis untuk dikunjungi turis luar negeri dengan menggunakan kapal laut," ungkap Roy.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Sejumlah anak bermain di kawasan wisata Air Terjun Wafsarak, Kampung Amoi, Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Senin (9/7/2012). Kawasan wisata alam yang ada di Biak Utara ini dapat ditempuh dengan kendaraan selama 1 hingga 1,5 jam perjalanan dari Kota Biak. Pengunjung ditarik biaya masuk Rp.25000 per kendaraan.
Berbagai wilayah alam laut pulau Biak, lanjut Roy, sangat menarik dan indah kondisi alamnya sehingga perlu dijaga keberadaan obyek wisata bersangkutan sebagai aset pariwisata daerah ini.

PT Pelindo IV cabang Biak sangat berharap adanya kerja sama dengan Pemkab Biak Numfor serta dengan pemangku kepentingan di bidang kepariwisataan. "Kontribusi nyata Pelindo IV mendatangkan income bagi daerah melalui pelayanan jasa ke pelabuhan bagi wisatawan luar negeri," ungkapnya.

Berdasarkan data hingga akhir September 2014 turis mancanegara yang datang ke Biak di antaranya dari Amerika, Belanda, Jepang dan sejumlah negara Eropa lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.