Kompas.com - 07/10/2014, 08:22 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka memeriahkan Festival Diwali yang jatuh pada bulan Oktober 2014, Signatures Restaurant di Hotel Indonesia Kempinski turut menyajikan kuliner khas India terhitung sejak 2 hingga 17 Oktober. Festival ini juga disebut dengan festival cahaya, sebuah perayaan besar umat Hindu untuk menyambut tahun baru. Untuk menyemarakkannya, maka tak heran kalau Signatures Restaurant disulap menjadi resto yang sarat dengan kilau lampu dan banyak properti khas India yang dipakai selama peringatannya berlangsung. Di sana, pengunjung dapat menemui beberapa tempat lilin bertingkat berbahan kuningan.

Di negara asalnya, India, perayaan ini identik dengan kemeriahan kembang api dan juga cahaya lampu. Segala sumber pencahayaan yang dinyalakan melambangkan kemenangan dan harapan umat manusia, oleh karena itu perayaan ini selalu disambut dengan suka cita.

“Festival Diwali merupakan perayaan yang juga dipercaya dapat memperkuat tali persaudaraan antarkeluarga dan teman. Saya senang sekali berkesempatan mengunjungi acara ini,” ungkap Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh, yang hadir Minggu (5/10/2014) malam. Sebagai simbol peresmian festival ini, ia  pun menyalakan lilin-lilin di sebuah kuningan bertingkat yang paling besar di sana.

Selain sumber pencahyaan, kuliner khas India juga menjadi satu hal yang identik dalam perayaan Festival Diwali, hal tersebut yang kemudian menjadi salah satu keistimewaan Signatures Restaurant. Selama kegiatan berlangsung, pengunjung dapat menikmati deretan sajian khas India yang turut disediakan di antara beragam kuliner lainnya.

Beberapa menu unik, diantaranya Hing Jeera Aloo yaitu kentang dengan cita rasa pedas berbumbu rempah dan cabai, Malai Kofta yaitu bola-bola sayuran disiram saus jambu mete, dan Rogan Josh yaitu daging kambing bumbu kari dan bubuhan jahe kering. Ciri khas makanan India memang terletak dari rasa rempah yang tajam sehingga rasanya sedikit pedas dengan bau rempah yang juga menyengat. Kalau Anda pecinta makanan dengan bumbu sederhana, mungkin harus adaptasi dengan sengatan bau rempah pada makanan-makanan ini.

Dokumentasi Signatures Restaurant-Hotel Indonesia Kempinski Akha Pinda, salah satu kuliner khas India yang disajikan di Signatures Restaurant dalam rangka menyambut Diwali Festival

Untuk kuliner khas yang menjadi sajian wajib lainnya adalah nasi briyani, kebab, Gulab Kheer yaitu nasi berbumbu dengan cita rasa manis dan aroma mawar hingga Gajar Ka Halwa yaitu parutan wortel yang juga memiliki cita rasa manis, aneka acar hingga beberapa saus kari yang menggoda selera.

Adalah Ashwani Kumar Singh, koki tamu yang didatangkan langsung dari India yang bertanggung jawab atas cita rasa kuliner yang diberi tema “Colours of India”. “Kami sengaja mendatangkan langsung guest chef dari Kempinski Ambience Hotel, New Delhi, India untuk mendapatkan rasa yang benar-benar dapat membawa pengunjung larut dalam kemeriahan Festival Diwali,” ungkap Hotel Manager Indonesia Kempinski, Marcus Scholz saat pembukaannya.

Semua menu buffet khas India hasil olahan Ashwani tersebut dapat dinikmati di Signatures Restaurant seharga Rp248.000++. Pada tanggal-tanggal tertentu, Ashwani juga akan menampilkan demo masak dengan paket brunch seharga Rp450.000 ++.

Pengunjung tak hanya dimanjakan dengan kuliner saja. Pada tanggal-tanggal tertentu juga ada gelaran tari India yang dapat disaksikan. Bersamaan dengan kemeriahan ini pula, Hotel Indonesia Kempinski tak hanya mengajak pengunjung larut dalam kebahagiaan tetapi juga turut berbagi dengan donasi dalam program amal untuk membantu SD Pembangunan Masyarakat, sebuah sekolah yang berlokasi di Gunung Sahari.

Dokumentasi Signatures Restaurant-Hotel Indonesia Kempinski Pembukaan sambutan Diwali Festival di Signatures Restaurant-Hotel Indonesia Kempinski

Beragam kegiatan hingga 17 Oktober nanti juga turut membawa Gurjit Singh bernostalgia mengenai sejarah dan hubungan baik antara India dan Indonesia. “Ada banyak foto-foto Soekarno (Presiden pertama RI) di sini, mengingatkan saya betapa dahulu hubungan Soekarno dengan Jawaharlal Nehru terjalin dengan baik, sampai saat ini pun Indonesia dan India memiliki hubungan yang sangat baik. Saya kira dengan penyambutan Festival Diwali di sini dapat mewakili gambaran bahwa hubungan Indonesia dan India memang istimewa,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.