Kompas.com - 08/10/2014, 11:39 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata ke Eropa sudah pasti menjadi dambaan banyak orang. Harga tiket yang mahal kadang membuat patah arang. Oleh karena itu, saat ada promo tiket murah, banyak yang spontan saja membelinya tanpa pikir panjang. Padahal untuk pergi ke negara-negara di Eropa, tiket saja belum cukup. Masih ada visa yang harus diurus.

Terkadang, tiket dan visa menjadi dua hal yang membuat bimbang. Bagaimana ketika tiket sudah di tangan, pengajuan visa justru ditolak? Atau sebaliknya, sudah penuh persiapan membuat visa, malah kehabisan tiket promo. Habis sudah impian melakukan perjalanan ke Eropa.

"Banyak orang yang spontan saja termasuk saya, saat ada tiket murah ke Eropa langsung dibeli tanpa pikir panjang, visa menjadi urusan nanti padahal visa itu sangat penting," ungkap Marischka Prudence, seorang travel blogger.

Beruntung, visa yang diajukan Marischka saat tiket sudah di tangan itu disetujui. Ada dua hal yang menjadi kerugian saat visa ditolak dengan kasus tiket sudah di tangan. Pertama adalah uang dan hal kedua tentu saja waktu.

Menanggapi hal tersebut Wakil Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Colin Crooks menyarankan agar mereka yang ingin ke Eropa mencari tahu dulu informasi lengkap untuk kesiapan berangkat.

"Segala informasi bisa didapatkan di Kedutaan Besar terkait. Maka ketika masih bimbang untuk membeli tiket dulu atau persiapkan visa, ada baiknya cari info terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tiap Kedutaan Besar berbeda-beda syarat dan ketentuannya," tutur Colin.

Satu hal penting lainnya, saat tiket sudah terlanjur di tangan berarti visa harus segera dibuat. Lengkapi administrasi dan lampirkan dokumen-dokumen secara lengkap, tunjukkan pada kedutaan bahwa Anda cukup kuat secara finansial, telah memiliki itinerary atau rencana perjalanan secara detil, tempat tinggal yang sudah dipersiapkan, hingga dokumen yang memberikan kepastian kapan Anda kembali lagi ke Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.