Kompas.com - 08/10/2014, 16:25 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendokumentasikan perjalanan atau keindahan alam lewat foto menjadi suatu hal yang lazim. Bahkan di masa kini, tiap telepon genggam memiliki kamera. Tetapi untuk mereka yang mengaku sebagai fotografer wisata, tentu tak ingin foto perjalanan yang diabadikannya terkesan sudah biasa hanya karena sudah banyak yang mengabadikan.

"Fotografer wisata harus lebih jeli lagi, selain teknik mereka perlu menangkap hal-hal yang mungkin belum ditangkap kamera orang lain. Jangan sampai memakai sudut yang sudah biasa dipakai orang kebanyakan. Ini lah tantangannya," ungkap Tirto Andayanto, seorang fotografer wisata di Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Lebih lanjut, Tirto mengatakan bahwa fotografer wisata juga harus membaca ciri khas tempat. "Mengenal ciri itu sangat penting dan wajib diketahui. Misalkan foto sawah, fotografer wisata harus tahu beda sawah di Padang dan Aceh. Mungkin kelihatannya mirip, tapi mereka harus tahu cirinya," tambah Tirto.

Menangkap ciri sangat penting menurutnya, fotografer yang mengetahui ciri akan lebih mudah menetapkan harus dari sudut mana ia mengambil gambar. Tangkapan gambar juga harus lengkap komposisinya.

"Komposisi foto itu tak bisa dibuat-buat, yang bisa dibuat-buat itu Digital Imaging dimana saat ada yang kurang bisa ditambah-tambahkan. Fotografi tak seperti itu," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.