Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jadi Fotografer Wisata? Ini Kiatnya...

Kompas.com - 08/10/2014, 16:25 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mendokumentasikan perjalanan atau keindahan alam lewat foto menjadi suatu hal yang lazim. Bahkan di masa kini, tiap telepon genggam memiliki kamera. Tetapi untuk mereka yang mengaku sebagai fotografer wisata, tentu tak ingin foto perjalanan yang diabadikannya terkesan sudah biasa hanya karena sudah banyak yang mengabadikan.

"Fotografer wisata harus lebih jeli lagi, selain teknik mereka perlu menangkap hal-hal yang mungkin belum ditangkap kamera orang lain. Jangan sampai memakai sudut yang sudah biasa dipakai orang kebanyakan. Ini lah tantangannya," ungkap Tirto Andayanto, seorang fotografer wisata di Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Lebih lanjut, Tirto mengatakan bahwa fotografer wisata juga harus membaca ciri khas tempat. "Mengenal ciri itu sangat penting dan wajib diketahui. Misalkan foto sawah, fotografer wisata harus tahu beda sawah di Padang dan Aceh. Mungkin kelihatannya mirip, tapi mereka harus tahu cirinya," tambah Tirto.

Menangkap ciri sangat penting menurutnya, fotografer yang mengetahui ciri akan lebih mudah menetapkan harus dari sudut mana ia mengambil gambar. Tangkapan gambar juga harus lengkap komposisinya.

"Komposisi foto itu tak bisa dibuat-buat, yang bisa dibuat-buat itu Digital Imaging dimana saat ada yang kurang bisa ditambah-tambahkan. Fotografi tak seperti itu," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com