10 Kunci "Packing" Lebih Ringkas

Kompas.com - 09/10/2014, 10:08 WIB
Buatlah daftar baju dan barang-barang lainnya yang akan Anda bawa selama berwisata. shutterstockBuatlah daftar baju dan barang-barang lainnya yang akan Anda bawa selama berwisata.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Di era transportasi udara seperti sekarang, penumpang pesawat didorong untuk membawa tas seperlunya. Salah satu maskapai penerbangan Indonesia hanya memperbolehkan penumpang kelas ekonomi membawa satu tas tangan berukuran maksimal 56cm x 36cm x 23cm yang beratnya tidak lebih dari 7 kilogram ke dalam kabin, serta bagasi cuma-cuma seberat 20 kg.

Jika barang bawaan Anda melebihi ketentuan? Siap-siap mendapat biaya tambahan yang tidak sedikit. Daripada mengeluarkan biaya tambahan, lebih baik Anda melakukan packing dengan efisien saat bepergian. Caranya? Ikuti 10 langkah packing lebih ringkas:

Daftar Kebutuhan
Dalam buku "How to Stay Healthy and Fit on the Road", pakar traveling Joanne V. Lichten menyarankan untuk menyusun daftar kebutuhan sebelum bepergian. Bedakan daftar itu, apakah untuk perjalanan bisnis singkat atau untuk liburan panjang. Misalnya, saat melakukan business trip cukup bawa satu blazer untuk dua keperluan meeting dengan dua klien yang berbeda.

Travel writer Rick Steves pun melakukan hal serupa. Satu celana panjang, empat kemeja, pakaian dalam, kaus kaki, sebuah sweater, dan jaket tipis atau coat (sesuai cuaca), cukup untuk sebuah business trip. Setelah ditambah laptop, kamera, dan toiletries pun, kopernya hanya seberat 9 kg saja. Ringan, kan?

Sabun Pencuci
Saat bepergian, jangan lupa membawa sedikit sabun pencuci (deterjen). Sebelum tidur, luangkan waktu 10 menit untuk mencuci kaus kaki, pakaian dalam, tanktop atau kaus di kamar hotel. Pilih yang berbahan tipis, mudah dicuci, dan cepat kering.

Bruce Turkel, seorang advertising executive dan frequent traveler, menyarankan tiga langkah mudah: Cuci di bawah shower, gulung di dalam handuk lebar, lalu peras dan jemur hingga kering. Membawa pakaian bersih di dalam koper tentu lebih ringan dibanding setumpuk pakaian kotor.

Pakaian Berlapis
Ketimbang membawa mantel tebal dan berat saat musim dingin, National Ski Patrol menyarankan para traveler untuk memakai pakaian berlapis dan berbahan ringan. Trik ini membuat udara terperangkap dan suhu tubuh tetap hangat.

Menurut Rick Steves, menggunakan setelan underwear berbahan sutera tipis atau material sintetis di bawah baju Anda sama hangatnya dengan memakai overcoat. Tambahkan selapis sweater atau jaket tipis sebagai luaran kala hujan atau cuaca lebih dingin.

Item Multifungsi
Pilihlah pakaian yang multifungsi dan kombinasikan sesuai selera. Selain digunakan siang hari, celana bahan warna khaki atau jins hitam akan tetap apik saat dipadukan dengan blazer untuk jamuan makan malam. Bawalah wrap dress yang cocok dipakai di segala suasana. Selain itu, oversized t-shirt juga dapat digunakan untuk gaun malam atau bersantai di pantai.

Antikusut
Bawalah pakaian yang terbuat dari bahan antikusut dan tak mudah berbau, misalnya wol halus, single jersey, silk, atau bahan sintetis seperti polyester.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X