Kompas.com - 12/10/2014, 14:50 WIB
EditorI Made Asdhiana
BIAK, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua bekerja sama dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia, mengagendakan promosi pariwisata di Nagoya, Jepang, pada 20-25 Oktober 2014.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Biak Numfor, Yubelius Usior, di Biak, Minggu (12/10/2014), mengatakan, promosi pariwisata di Nagoya, Jepang itu, merupakan bagian dari upaya menjadikan Nagoya dan Biak sebagai "Kota Kembar", yang bertujuan mendongkrak kunjungan turis Jepang ke Biak Numfor.

"Banyak peninggalan Perang Dunia II yang masih bisa dijumpai di Biak, dan menjadi daya tarik wisatawan Jepang untuk berkunjung ke Biak," ujar Yubelius.

Ia mengatakan, potensi pariwisata lainnya seperti keaslian budaya Biak Numfor, juga akan dipromosikan di Nagoya.

Diharapkan, ajang promosi pariwisata daerah ke Nagoya itu didukung berbagai pemangku kepentingan terutama di sektor pariwisata, karena terkait erat dengan kiat Pemkab Biak Numfor menarik kunjungan wisatawan Jepang sebanyak-banyaknya.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Pulau Rurbas kecil di gugusan Pulau Padaido, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis (5/7/2012). Gugusan pulau Padaido merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang ada di Kabupaten Biak Numfor. Di gugusan kepulauan ini terdapat puluhan titik selam dengan keindahan terumbu karang dan ratusan spesies ikan.
Anggaran promosi pariwisata Biak di Nagoya itu bersumber dari APBD Kabupaten Biak Numfor, yang dialokasikan di pos anggaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

"Saya selaku pelaksana tugas Kadis Pariwisata dan Kebudayaaan tentu sangat mendukung program promosi pariwisata bersama manajemen Garuda Indonesia guna mengangkat potensi daerah," ujar Yubelius.

Obyek wisata peninggalan Perang Dunia II yang masih bisa dijumpai di Biak di antaranya monumen Perang Dunia II, Goa Jepang, Monumen Tentara Sekutu, lapangan terbang Owi serta beragam obyek wisata budaya dan taman laut Padaido.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.