Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irohazaka, Kelok 48 di Nikko...

Kompas.com - 15/10/2014, 11:47 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

DALAM perjalanan dari pusat kota Nikko menuju Tokyo, khususnya di Prefektur Tochigi, Jepang, Anda akan berjumpa dengan salah satu jalan paling eksotis di dunia. Disebut demikian karena jalan ini punya 48 tikungan tajam, berkelok-kelok dari pegunungan Nikko ke bibir Danau Chuzenji.

Jalan ini dimulai dari ketinggian 530 meter dari atas permukaan laut, menuju 830 meter, dengan jarak tempuh mencapai 7-8 km. Karakter jalannya mirip dengan Kelok 44 yang terkenal di Sumatera Barat. Bedanya, jalan ini terbagi dalam dua jalur, masing-masing satu arah, pertama untuk naik dan turun.

Agung Kurniawan Terdapat 48 tikungan tajam pada jalur sepanjang 7-8 km.

Total tikungan berbentuk huruf "u" kecil terdapat total 20, sedangkan sisanya sedikit lebih landai dengan jumlah 28 kelokan.

Angka 48 yang digunakan sebagai julukan jalan ini diambil dari jumlah silabil bahasa Jepang. Kata "Iroha" diambil dari tiga huruf pertama dari susunan abjad, yakni "i-ro-ha" (seperti huruf vokal a, i, u, e, o) sedangkan "zaka" artinya lereng.

Selain kelokannya yang maut, jalan di Irohazaka juga nikmat karena disuguhi panorama yang indah. Menuruni lereng kaki pengunungan Nikko, dengan ditemani semilir udara yang sejuk membuat suasana menyenangkan ketika lewat jalan ini. Kebetulan, Kompas.com melaluinya pada pertengahan Oktober 2014, mulai masuk musim semi, semakin indah karena daun pepohonan sudah banyak yang berubah warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com