Kompas.com - 17/10/2014, 09:24 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Penggemar wisata petualangan bisa pilih Aceh sebagai destinasi wisata. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Reza Pahlevi pariwisata Aceh berfokus pada adventure tourism atau wisata petualangan.

"Di Aceh ada alam yang indah, dengan hutan-hutannya, cocok untuk peminat khusus berupa jelajah alam," ungkap Reza dalam sebuah temu media di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Oleh karena itu, ada beragam acara bertema wisata petualangan. Misalnya, lanjut Reza, baru-baru diadakan ajang bike cross country.

"Kita juga ada acara international surfing. Di Aceh Tenggara ada international rafting. Jadi kita coba perkenalkan Aceh melalui alam," jelas Reza.

Selain itu, ungkapnya, Sabang yang sudah naik daun menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik, menawarkan ekowisata bahari.

"Sabang banyak turis Eropa dan Amerika," katanya.

Sementara itu, Managing Director Pacto I Ketut Salam, mengungkapkan dulu biro perjalanan wisata di Indonesia menawarkan paket rafting di Sungai Alas untuk wisatawan asing. Sayang, paket ini sudah tidak dijual lagi sejak diberlakukan Daerah Operasi Militer (DOM) di Aceh pada rezim Orde Baru.

"Mungkin sekarang bisa dihidupkan kembali wisata rafting tersebut," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.