Kompas.com - 19/10/2014, 09:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pecinta kuliner Indonesia akhir pekan ini datang saja ke Mall of Indonesia di kawasan Kelapa Gading. Pasalnya, hingga 19 Otober 2014 diselenggarakan Festival 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia.

"Masakan khas Indonesia itu beragam, di sini kita hadirkan 30 ikon kuliner Indonesia. Kita buktikan bahwa makanan khas tradisional tidak kalah," kata Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif dan Event, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Achyaruddin saat pembukaan Festival 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jumat (17/10/2014).

KOMPAS/ALIF ICHWAN Surabi

Achyaruddin menjelaskan betapa unggulnya 30 ikon kuliner tradisi yang dihadirkan. "Makanan tradisi ini walaupun dimasak oleh chef kampung, tentu tak kalah dengan chef hotel. Rasanya bisa jauh lebih nikmat. Bahkan makanan-makanan ini sudah dikenal di mancanegara," ungkapnya.

Sepakat dengan hal tersebut, Pakar Kuliner Indonesia, Bondan Winarno turut mengamini. "Makanan Indonesia sudah sangat membumi. Mungkin bisa saja ditemui di mancanegara tapi tetap yang paling nikmat adalah yang buatan Indonesia asli," tuturnya.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Sate lilit

Sepengalaman Bondan saat pergi ke Malaysia, ia banyak menemui warung makan yang menyediakan rendang. "Ini lucu, kalau kita bawa orang Padang ke Malaysia dan disuruh makan rendang, dia pasti komentar bahwa itu bukan rendang melainkan kalio. Kalio adalah rendang setengah jadi, rendang tentunya lebih nikmat lagi," tambahnya.

Di Festival 30 Ikon Kuliner Indonesia, pengunjung diajak mencicipi beragam kuliner khas Indonesia. Mulai dari makanan Padang, Soto Lamongan, Pindang Patin, Nasi Liwet, Sate Maranggi, Sate Lilit khas Bali hingga makanan kecil seperti Serabi Bandung dan Srikayo Minang dengn harga terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.