Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sinterklas sampai Aurora Borealis, Wisata Terbaik Finlandia

Kompas.com - 19/10/2014, 17:23 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian wilayah Finlandia berada di lingkaran kutub utara. Oleh karena itu, bagian utara Finlandia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara, tak terkecuali turis asal Indonesia.

"Mulai banyak orang Indonesia ke Finlandia. Tahun ini saja, sudah ada 4 travel agent bawa grup untuk akhir tahun di Lapland," ungkap Counselor Assistant Kedutaan Besar Finlandia di Jakarta Evie Trimulyono Mahmudi, saat ditemui di pameran wisata dan budaya "Destinastion Europe" di Balai Kartini, Jakarta, Minggu (19/10/2014).

Di Rovaniemi yang berada di utara Finlandia, yang dikenal sebagai rumah Sinterklas, merupakan daya tarik bagi wisatawan Indonesia. Evi menuturkan biasanya paket yang dijual biro perjalanan wisata di Indonesia, memang aktivitas di daerah tersebut.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Booth Finlandia di Pameran Wisata dan Budaya, Destination Europe di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (18/10/2014). Pameran digelar sampai Minggu (19/10/2014).
Biasanya daerah ini ramai dikunjungi wisatawan saat akhir tahun atau musim dingin. Namun menurut First Secretary Kedutaan Besar Finlandia di Jakarta Pirjo-Liisa Heikkila, sebenarnya Rovaniemi bisa dikunjungi hampir sepanjang tahun. Sebab musim dingin di Finlandia terutama bagian utara bisa selama 6 sampai 8 bulan.

"Tahun ini saja, bulan Oktober sudah bersalju. Jadi musim dinginnya sangat panjang," ungkapnya, Sabtu (18/10/2014).

Dia menuturkan umumnya wisatawan selain berkunjung ke rumah Sinterklas, senang melakukan aktivitas seperti ski dan naik kereta anjing husky atau reindeer. Selain itu, aktivitas lainnya yang menjadi favorit adalah melihat fenomena alam, Aurora Borealis, berupa cahaya berwarna-warni yang muncul di langit Kutub Utara.

Shutterstock Helsinki, Finlandia
"Finlandia merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat Aurora Borealis. Cahaya ini muncul selama 200 hari dalam setahun," kata Liisa.

Biasanya, lanjut Liisa, mulai bulan September sudah bisa terlihat. Tetapi Liisa pribadi menyarankan bulan terbaik untuk melihatnya di Januari atau Februari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com