Kompas.com - 19/10/2014, 17:23 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian wilayah Finlandia berada di lingkaran kutub utara. Oleh karena itu, bagian utara Finlandia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara, tak terkecuali turis asal Indonesia.

"Mulai banyak orang Indonesia ke Finlandia. Tahun ini saja, sudah ada 4 travel agent bawa grup untuk akhir tahun di Lapland," ungkap Counselor Assistant Kedutaan Besar Finlandia di Jakarta Evie Trimulyono Mahmudi, saat ditemui di pameran wisata dan budaya "Destinastion Europe" di Balai Kartini, Jakarta, Minggu (19/10/2014).

Di Rovaniemi yang berada di utara Finlandia, yang dikenal sebagai rumah Sinterklas, merupakan daya tarik bagi wisatawan Indonesia. Evi menuturkan biasanya paket yang dijual biro perjalanan wisata di Indonesia, memang aktivitas di daerah tersebut.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Booth Finlandia di Pameran Wisata dan Budaya, Destination Europe di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (18/10/2014). Pameran digelar sampai Minggu (19/10/2014).
Biasanya daerah ini ramai dikunjungi wisatawan saat akhir tahun atau musim dingin. Namun menurut First Secretary Kedutaan Besar Finlandia di Jakarta Pirjo-Liisa Heikkila, sebenarnya Rovaniemi bisa dikunjungi hampir sepanjang tahun. Sebab musim dingin di Finlandia terutama bagian utara bisa selama 6 sampai 8 bulan.

"Tahun ini saja, bulan Oktober sudah bersalju. Jadi musim dinginnya sangat panjang," ungkapnya, Sabtu (18/10/2014).

Dia menuturkan umumnya wisatawan selain berkunjung ke rumah Sinterklas, senang melakukan aktivitas seperti ski dan naik kereta anjing husky atau reindeer. Selain itu, aktivitas lainnya yang menjadi favorit adalah melihat fenomena alam, Aurora Borealis, berupa cahaya berwarna-warni yang muncul di langit Kutub Utara.

Shutterstock Helsinki, Finlandia
"Finlandia merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat Aurora Borealis. Cahaya ini muncul selama 200 hari dalam setahun," kata Liisa.

Biasanya, lanjut Liisa, mulai bulan September sudah bisa terlihat. Tetapi Liisa pribadi menyarankan bulan terbaik untuk melihatnya di Januari atau Februari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.