Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Ini Puncak Kunjungan Wisman ke Yogyakarta

Kompas.com - 21/10/2014, 08:42 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Magnet Yogyakarta sebagai kota pariwisata terbesar kedua setelah Bali tampaknya akan terus menguat, terlebih lagi bagi wisatawan mancanegara (wisman). Ini terlihat dari kepadatan yang terjadi di Yogyakarta setiap musim liburan tiba.

Ketua DPD Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) DIY, Edwin Ismedi Himna menuturkan bahwa puncak kunjungan wisman terjadi pada bulan Oktober ini. Menurut Edwin, dua bulan terakhir sejak September kunjungan wisman ke Yogyakarta menjadi puncak kunjungan.

"Bulan ini kunjungan wisman masih stabil terutama market Eropa. Kunjungan di Yogyakarta puncaknya mulai September kemarin hingga bulan ini. Dan bulan November hingga Desember, kebanyakan sudah mulai mengarah ke Bali," kata Edwin, Senin (20/10/2014).

Edwin pun memprediksi akan terjadi kenaikan kunjungan wisman ke Yogyakarta dibandingkan tahun lalu. Saat ini, kenaikan kunjungan berada di angka 10-15 persen.

"Untuk angka pasti kenaikan kunjungan masih belum bisa dipastikan. Namun dari laporan teman-teman agen, sementara ini kenaikannya 10-15 persen," ujarnya.

Meskipun wisatawan dari Eropa mulai bergeser ke Bali pada awal November, Edwin berharap situasi tetap normal. Sebab pada bulan-bulan November hingga Desember wisatawan ASEAN akan mulai mendominasi. (tiq)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com