Kompas.com - 24/10/2014, 09:25 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta optimistis pendapatan sektor pariwisata mencapai target Rp 3,9 triliun pada 2014. "Semester pertama 2014 pendapatan dari sektor pariwisata mencapai Rp 2 triliun. Kami yakin hingga akhir tahun ini akan mencapai target," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Arie Budhiman di Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Dia mengatakan peran sektor pariwisata cukup besar dalam meningkatkan pendapatan asli daerah DKI Jakarta. Hal itu dapat dilihat dari target pendapatan sektor pariwisata yang meningkat dalam beberapa tahun terakhit.

Pada 2013, contohnya, pendapatan dari sektor pariwisata mencapai Rp 3,12 triliun, melebihi target. "Ini perkembangan yang baik, namun tidak membuat kami puas. Program di sektor pariwisata terus ditingkatkan," ujarnya.

Arie mengemukakan kunjungan wistawan mancanegara (wisman) yang ditargetkan pada tahun ini juga meningkat. Tahun ini wisman yang ditargetkan masuk ke DKI Jakarta sebanyak 2,5 juta orang, sedangkan wisatawan domestik mencapai 38 juta orang.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mancanegara tiba di Jalan Jaksa, Jakarta Pusat untuk mencari tempat menginap, Kamis (3/1/2013). Menurut data Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia bulan November 2012 mencapai 693,9 ribu orang, naik 5,94 persen dibanding November 2011.
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta mencatat jumlah wisman yang berkunjung ke DKI Jakarta pada tahun 2013 mencapai 2,3 juta orang. Jumlah wisman yang berkunjung saat itu meningkat 7 persen lebih dibandingkan 2012.

"Agenda pariwisata di Jakarta pada 2014 sekitar 200 acara festival budaya, namun yang ditangani Dinas Pariwisata dan Kebudayaan hanya 48 kegiatan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.