Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Indonesia Harus Mampu Saingi Malaysia dan Thailand

Kompas.com - 28/10/2014, 09:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan sektor pariwisata Indonesia harus mampu sejajar bahkan menyaingi Thailand dan Malaysia antara lain dengan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia.

"Harus ditingkatkan kunjungan ke Indonesia. Untuk tahap pertama sebanyak 10 juta wisatawan," kata Arief kepada wartawan di Kantor Presiden Jakarta, Senin (27/10/2014).

Arief menegaskan salah satu upaya untuk mendatangkan 10 juta wisatawan ke Indonesia adalah melalui pengelolaan wisata terutama wisata bahari yang masih kurang hingga saat ini.

"Sektor bahari belum dieksplorasi pariwisatanya. Padahal kita kaya sektor baharinya. Sekarang kan jarang, malah orang asing yang mengekplorasi bahkan ekploitasi wisata bahari," paparnya.

Tak hanya upaya promosi dan pengembangan secara konvensional, Arief juga mengatakan perlunya menggunakan cara-cara non konvensional untuk mempromosikan Indonesia antara lain dengan medium media sosial dan sejenisnya.

"Ingat bahwa industri pariwisata itu cenderung global yaitu peningkatan devisa dan tenaga kerja. Kita tetap pakai cara konvensional. Tapi kita juga menggunakan non konvensional seperti sosial media. Dia global tapi personal. Nanti dengan pakai data analitic kita buat itu secara personal, misalkan orang dengan segmen tertentu suka apa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com