Pariwisata Indonesia Harus Mampu Saingi Malaysia dan Thailand

Kompas.com - 28/10/2014, 09:52 WIB
Kepulauan Wayag di Raja Ampat, Papua. BARRY KUSUMAKepulauan Wayag di Raja Ampat, Papua.
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan sektor pariwisata Indonesia harus mampu sejajar bahkan menyaingi Thailand dan Malaysia antara lain dengan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia.

"Harus ditingkatkan kunjungan ke Indonesia. Untuk tahap pertama sebanyak 10 juta wisatawan," kata Arief kepada wartawan di Kantor Presiden Jakarta, Senin (27/10/2014).

Arief menegaskan salah satu upaya untuk mendatangkan 10 juta wisatawan ke Indonesia adalah melalui pengelolaan wisata terutama wisata bahari yang masih kurang hingga saat ini.

"Sektor bahari belum dieksplorasi pariwisatanya. Padahal kita kaya sektor baharinya. Sekarang kan jarang, malah orang asing yang mengekplorasi bahkan ekploitasi wisata bahari," paparnya.

Tak hanya upaya promosi dan pengembangan secara konvensional, Arief juga mengatakan perlunya menggunakan cara-cara non konvensional untuk mempromosikan Indonesia antara lain dengan medium media sosial dan sejenisnya.

"Ingat bahwa industri pariwisata itu cenderung global yaitu peningkatan devisa dan tenaga kerja. Kita tetap pakai cara konvensional. Tapi kita juga menggunakan non konvensional seperti sosial media. Dia global tapi personal. Nanti dengan pakai data analitic kita buat itu secara personal, misalkan orang dengan segmen tertentu suka apa," katanya.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X