Kompas.com - 28/10/2014, 12:23 WIB
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengharapkan Menteri Pariwisata yang baru Arief Yahya mampu meningkatkan infrastruktur pariwisata Indonesia.

"Pariwisata Indonesia harus lebih digenjot dengan peraturan dan hal lain serta pembangunan infrastruktur dan menciptakan destinasi baru," katanya di Denpasar, Senin (27/10/2014).

Menurut dia, pariwisata di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara lain di kawasan ASEAN seperti Singapura dan Malaysia.

"Malaysia hampir 30 juta wisatawan setahun. Perancis mencapai 100 juta wisatawan setahun dan Indonesia kecil sekali tidak sampai 10 juta wisatawan," katanya.

Dari jumlah tersebut, sekitar 3,5 juta wisatawan mancanegara itu mengunjungi Pulau Dewata sedangkan sisanya berkunjung ke daerah lain di Tanah Air.

Terkait jabatan menteri pariwisata yang kali ini bukan berasal dari Bali, Pastika menyatakan bahwa hal itu tidak menjadi masalah.

"Tidak mesti dari Bali (Menteri Pariwisata). (Pariwisata) Bali sudah cukup establish. Kami harapkan (di bawah Arief) pariwisata Indonesia lebih berkembang," ujar mantan Kepala Polda Bali itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.