Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keliling Kota Semarang dengan Bus Wisata Semarjawi

Kompas.com - 29/10/2014, 20:18 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Bus wisata hibah dari PT Telkomsel sejak diserahkan pada Selasa (28/10/2014) ternyata belum beroperasi. CSR dari PT Telkomsel yang semula hendak diserahkan pada Pemkot dialihkan pada Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Peduli Jateng.

Seorang pegiat wisata Semarang, Kriswandono mengatakan dirinya ikut dalam tim yang mengonsep kegunaan bus Semarjawi itu. Tujuannya hanya satu yaitu memanfaatkan bus tingkat itu untuk wisata.

"Apalagi karakteristik wisata Kota Semarang lebih banyak ke sejarah, berbeda dengan Bandung atau lainnya," katanya saat ditemui di gedung balai kota Semarang, Rabu (29/10/2014).

Menurut Kriswandono, pengelola bus itu merupakan kumpulan anak muda yang punya kepedulian pada wisata. Dengan imbauan gratis dari pemerintah, Kriswandono mengaku harus memutar otak mengoperasionalkan bus itu.

Kriswandono menargetkan tidak hanya satu bus tingkat saja di Semarang. Jika melihat jumlah tempat wisata di Kota Semarang, paling tidak butuh 20 bus. "Harapannya ketika aatu bus berjalan ada vendor lain tertarik," katanya.

Bus Semarjawi berdasarkan rencana awal akan berkeliling mulai dari - Kota Lama - Lawangsewu, Gedungbatu - Pandanaran - Simpanglima dan beberapa lokasi lainnya. Kemungkinan minggu depan baru bisa berjalan dari Kota Lama.

Sebelumnya, terkait dengan peresmian bus Semarjawi dari PT Telkomsel, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berpendapat ini merupakan embrio bagi pembangunan pariwisata di Semarang. Diharapkan adanya bus ini dapat memicu perusahaan lain untuk mendukung dan berbuat hal yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com