Kompas.com - 30/10/2014, 11:50 WIB
Peserta karnaval budaya di acara pembukaan Festival Seni Budaya Nusantara di Kota Tua, Kamis (21/8/2014) sore. Festival ini digelar selama empat hari Kamis-Minggu 21-24 Agustus 2014. WARTA KOTA/WAHYU TRI LAKSONOPeserta karnaval budaya di acara pembukaan Festival Seni Budaya Nusantara di Kota Tua, Kamis (21/8/2014) sore. Festival ini digelar selama empat hari Kamis-Minggu 21-24 Agustus 2014.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya terlihat sedikit kaget saat mengetahui bahwa Kota Tua Jakarta belum memiliki slogan. Hal tersebut ditanyakan pada semua orang yang hadir saat kunjungannya ke kawasan Ini.

"Kota Tua (Jakarta), slogannya apa?" tanya Arief.

Pertanyaannya ini tak mendapat jawaban. Seperti yang diketahui walaupun di era kolonial kawasan ini sempat berjaya, hingga kini Kota Tua Jakarta belum pernah memiliki slogan yang menjadi identitasnya.

"Slogan itu penting, tiap tempat harus memiliki slogan terlebih bila menjadi tempat wisata. Slogan mengingatkan kita pada posisi dan identitas sehingga akan mudah diingat," ungkap Arief.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Kelompok kesenian ondel-ondel

Dua kekurangan Kota Tua (Jakarta) lainnya juga diungkapkan oleh Arief. Di antaranya, kebersihan dan tolok ukur pembangunan.

"Selain slogan, saya rasa benchmark juga penting. Kita harus mencontoh juga kira-kira kota apa yang mirip dengan Kota Tua. Mencontoh yang baik kan tidak apa-apa," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arief menyatakan bahwa kawasan Kota Tua mirip sebuah kawasan di kota Meksiko. "Di sana (Meksiko) juga terdapat kawasan bersejarah yang mirip Kota Tua. Suriname juga dapat dijadikan contoh. Saat ini kunjungan wisatawan ke Suriname sudah jutaan. Kita bisa contoh keberhasilan mereka," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.