Kompas.com - 31/10/2014, 10:42 WIB
Seorang wisatawan mancanegara memotret keindahan Air Terjun Tegenungan, Desa Kemenuh, Gianyar, Bali, Rabu (30/7/2014). TRIBUN BALI/I WAYAN ERI GUNARTASeorang wisatawan mancanegara memotret keindahan Air Terjun Tegenungan, Desa Kemenuh, Gianyar, Bali, Rabu (30/7/2014).
EditorI Made Asdhiana
GIANYAR, KOMPAS.com - Kekhawatiran masyarakat pada penambangan batu padas yang kian berpotensi merusak lingkungan menjadi nyata. Terbukti, sejumlah pengunjung tak mau berkomentar soal tercemarnya air Tukad Tegenungan oleh limbah batu padas.

Selain bersifat masif, penambang batu padas di Sumampan Kemenuh dan Tegenungan, Sukawati, Gianyar, Bali, ini sering membuang limbah batu padasnya langsung ke sungai.

Dampaknya, saat ini kawasan wisata air terjun Tegenungan berwarna keruh. "Why the water is muddy? When I was here years ago, it was clear. What's the cause? (Kenapa airnya jadi keruh? Dulu waktu saya ke sini masih jernih, apa penyebabnya?)," tanya wisatawan mancanegara pada pemandunya, Selasa (28/10/2014).

Pantauan Tribun Bali, tampak sisa batu padas yang tak terpakai dibuang langsung ke sungai. Tumpukan batu padas yang terlihat mengotori juga membuat ruas sungai semakin menyempit.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.