Kompas.com - 04/11/2014, 11:31 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Hongaria memang bukan destinasi wisata lazim bagi orang Indonesia. Tetapi menurut Deputy Head of Mission Embassy of Hungary in Jakarta, David Ambrus, hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan Indonesia.

"Orang Indonesia senang melakukan perjalanan dan bertualang. Hongaria bisa menjadi sesuatu yang baru dan siap untuk dieksplor bagi wisatawan Indonesia," ungkapnya saat Media Workshop: Hello Budapest, di Jakarta, Senin (3/11/2014).

Budapest sendiri digadang-gadang sebagai salah satu kota tercantik di Eropa. David mengakui Hongaria terkenal dengan arsitektur kota yang cantik dengan gaya art-nouveau sampai pengaruh Turki saat Hongaria dijajah kekaisaran Ottoman.

"Hongaria negara yang bersih dan aman. Anda bisa berkeliling dengan naik sepeda. Kami punya jalur sepeda di seluruh negeri," katanya.

Tak hanya itu, Budapest sebagai ibu kota negara, dibelah oleh Sungai Danube. Ada pula Danau Balaton yang merupakan danau air tawar terluas di Eropa Tengah. "Di danau ini, kita bisa berlayar sampai melakukan olahraga air," kata David.

Ia juga melihat orang Indonesia mulai gemar menikmati minuman wine. Hongaria memiliki wine yang memiliki ciri khas tersendiri yang berasal dari daerah Tokaj. Wine ini merupakan sweet desert yang sudah terkenal di dunia. "Kami juga punya white wine dan red wine," tuturnya.

Untuk urusan kuliner, David menjanjikan orang Indonesia akan menyukainya. Sebab, masakan Hongaria terkenal pedas dengan dominan menggunakan paprika dan cabai. "Bisa dibilang masakan Hongaria adalah masakan terpedas di Eropa. Kami punya misalnya goulash yang sangat pedas," jelasnya.

KOMPAS.COM/CHRISTINA ANDHIKA SETYANTI Goulash
Goulash merupakan sup berisi daging dan sayur yang dibumbui dengan paprika. Makanan ini sangat terkenal dan bisa pula dijumpai di restoran-restoran di Jakarta.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, International Market Develompment Manager Hungarian Vas Maria Vas mengungkapkan aneka rempah sebagai bumbu masakan Hongaria bisa ditemukan di sebuah pasar utama Budapest yang terkenal sebagai pasar tercantik di Eropa

Ia juga menyebutkan Danau Heviz yang merupakan danau thermal atau danau dengan sumber air panas alami terluas kedua di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.