Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbar Tak Istimewakan Obyek Wisata Bahari

Kompas.com - 04/11/2014, 18:45 WIB
PADANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat, Burhasman mengatakan, pihaknya tidak akan mengistimewakan obyek wisata maritim dibandingkan obyek wisata lain, karena semua memiliki potensi masing-masing.

"Wisatawan punya selera masing-masing terhadap obyek wisata, karena itu kami mengembangkan semua obyek wisata yang potensial baik maritim maupun untuk wisata lain yang ada di Sumbar," katanya di Padang, Selasa (4/11/2014).

Menurut Burhasman, potensi dan karakteristik setiap obyek wisata bisa membantu para wisatawan langsung kepada tujuannya, seperti Sawahlunto sebagai wisata kembang, Bukittinggi sebagai wisata alam, belanja dan peninggalan sejarah.

Kemudian Tanah Datar sebagai wisata kebudayaan, Pesisir Selatan siap sebagai wisata laut dan bahari, dan Mentawai sebagai wisata selancar serta budaya setempat. "Jadi kami tidak mengkhususkan pada salah satu obyek wisata saja," ujarnya.

Untuk saat ini, tambah Burhasman, obyek wisata yang baru berkembang di Sumbar adalah wisata bahari di Pesisir Selatan, yang terkenal dengan kawasan wisata Mandeh.

BARRY KUSUMA Pantai Pagang di Sumatera Barat.
Sedangkan untuk potensi lain yang belum berkembang seperti di Pasaman Barat, namun obyek wisata ini akan berkembang sejalan dengan obyek wisata lainnya yang berada di kawasan tersebut.

Pengembangan pariwisata yang dilakukan pemerintah daerah di Sumbar saat ini dinilai positif oleh masyarakat setempat maupun pimpinan instansi terkait.

"Kami hanya berusaha melakukan apa yang terbaik untuk Sumbar dan bisa kami lakukan sesuai sumber daya yang ada," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com