Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surabaya-Lombok Rute Baru AirAsia Indonesia

Kompas.com - 05/11/2014, 10:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia Indonesia, Selasa (4/11/2014) meluncurkan rute penerbangan langsung Surabaya-Lombok. Penerbangan langsung tersebut akan dioperasikan setiap hari (7x seminggu) mulai 15 Desember 2014 menggunakan armada Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko mengatakan, hari ini AirAsia Indonesia kembali menorehkan tonggak sejarahnya melalui peluncuran rute domestik perdana ke kawasan Nusa Tenggara Barat. "Saat ini AirAsia Indonesia telah melayani sebanyak 11 rute domestik dan peluncuran rute terbaru ini sejalan dengan rencana pengembangan konektivitas maskapai di tanah air," katanya di Jakarta.

Adapun rute Surabaya–Lombok ini akan melengkapi rute internasional AirAsia yang ada saat ini, yaitu Lombok–Kuala Lumpur (saat ini 10 x seminggu – akan menjadi 14 x seminggu mulai 23 Januari 2015) dan Lombok–Johor Bahru (3 x seminggu) yang dioperasikan oleh AirAsia Malaysia (AK).

KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYAT Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas, Ahmad Arif (kiri) dan Agung Setyahadi, dengan menggunakan perahu karet mengarungi Danau Segara Anak usai melakukan pendakian Gunung Barujari (kanan belakang) yang terletak di kaldera Gunung Rinjani (3.726 m), Lombok, Kamis (29/9/2011).
Menurut Sunu, Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur dan menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan populasi sekitar 3 juta penduduk, Surabaya merupakan kota metropolis yang menjadi gerbang masuk utama bagi seluruh wisatawan yang hendak mengunjungi Jawa Timur. Selain itu, Surabaya saat ini juga telah menjadi pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Indonesia.

Sedangkan Lombok merupakan sebuah destinasi yang memiliki keasrian dan eksotisme tersendiri. Lombok merupakan gerbang masuk utama wisatawan ke Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lombok merupakan rumah bagi sejuta keindahan pantai pasir putih maupun merah muda, alam bawah laut yang menakjubkan di tiga gili andalan yakni Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.

Ditambah lagi keunikan adat istiadat dan kuliner lokal yang nikmat seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung sampai petualangan mendaki Gunung Rinjani. Tak heran, besarnya potensi wisata yang dimiliki pulau ini membuat Lombok menjadi salah satu destinasi liburan terbaik di Indonesia.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Pesawat AirAsia.
"Kami berharap pembukaan rute penerbangan ini dapat memberikan pilihan yang lebih beragam bagi masyarakat Surabaya dan Lombok sehingga nantinya dapat semakin mendukung aktivitas bisnis dan pariwisata antar kedua kota tersebut," ujar Sunu.

Merayakan peluncuran rute Surabaya – Lombok, AirAsia menawarkan penawaran harga spesial mulai Rp 99.000 (Tarif dasar belum termasuk airport tax & fuel surcharge. Syarat dan ketentuan berlaku) sekali jalan untuk periode pemesanan mulai Selasa (4/11/2014) sampai Minggu (9/11/2014) untuk periode keberangkatan 15 Desember 2014 sampai 24 Mei 2015. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com