Menpar Akan Fasilitasi Pelatihan Digitalisasi Buku untuk IKAPI

Kompas.com - 06/11/2014, 08:25 WIB
KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Menteri Pariwisata, Arief Yahya bersama dengan Ketua IKAPI, Lucya Andam Dewi dan perwakilan dari Kemendikbud, Ananto Kusuma Seta, Selasa (4/11/2014)

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait dengan rapat yang diadakan antara Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya dengan Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Lucya Andam Dewi dan perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ananto Kusuma Seta, Menpar janji akan fasilitasi Creative Camp sebagai wadah pelatihan digitalisasi buku untuk anggota IKAPI.

"Saat ini porsi buku digital dibanding dengan buku fisik adalah 10 banding 90. Nantinya siapa tahu dengan bertambahnya buku digital Indonesia, kita bisa tingkatkan perbandingannya menjadi 30 banding 70," ulas Arief.

Saat ini menurut Arief, masyarakat masih lebih pilih buku fisik. Tetapi nanti, saat telah merasakan kemudahan dan biaya yang murah buku digital pelan-pelan budayanya akan berubah.

"Apalagi dalam platform-nya nanti buku-buku digitalisasi ini akan dibuat lebih interaktif lagi. Harus kreatif agar peminatnya banyak, bisa dengan memberikan animasi dan lain-lain," tambahnya.

Fasilitas Creative Camp dari Kementerian Pariwisata ini akan diselenggarakan bulan November ini. Kegiatan pelatihan dilakukan selama kurang lebih seminggu untuk 20 anggota IKAPI.

"Yang melatih nanti kami hadirkan dari Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi & Komunikasi Indonesia (MIKTI)," tutupnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorI Made Asdhiana
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X