Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Ingin Mengukur Nilai Bali Berdasarkan TTCI

Kompas.com - 06/11/2014, 18:39 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berencana melakukan kunjungan ke Bali pada 7-8 November 2014. Ia menuturkan akan bertemu langsung dengan tokoh-tokoh pariwisata.

"Bagaimanapun Bali adalah ikon pariwisata dunia," katanya saat ditemui di sela-sela Indonesian Dance Festival di Gedung Kesenian Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Rencananya, Arief ingin mengukur nilai Bali sebagai destinasi wisata di mata dunia. Sebagai panduannya adalah menggunakan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dikeluarkan oleh World Economic Forum.

Arief mengaku belum mengetahui nilai Bali jika diukur melalui laporan indeks tersebut. Tak hanya Bali, daerah-daerah lain juga akan diukur untuk melihat daya saingnya sebagai destinasi wisata di kelas dunia.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi wisatawan saat mengunjungi pasar tradisional di Pasar Ubud, Gianyar, Bali beberapa waktu lalu.

"Nantinya kita buatkan peringkat top 10 destination. Kita fokus di Top 10 itu. Kita di kementerian memang sudah punya 16 destinasi. Tapi kalau tidak bisa diukur, kita tidak bisa manage," katanya.

Arief juga menuturkan perjalanannya ke Bali salah satunya adalah untuk datang ke Ubud. Ia akan berkunjung ke Museum of Marketing 3.0 yang berada di Ubud, Bali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com