Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkenalan dengan Seni dan Budaya dari Pesisir Mahakam

Kompas.com - 07/11/2014, 11:27 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Festival Budaya Sei Mahakam yang diadakan mulai tanggal 6-16 November 2014 di Bentara Budaya Jakarta (BBJ) menjadi bukti bahwa memperpanjang usia tradisi dan budaya masih menjadi tanggung jawab generasi. Sudah terlalu lama, tradisi dari Pesisir Mahakam, sebuah kawasan di Kalimantan Timur ini hilang perhatian dari mereka yang jauh di Ibu Kota.

“Tradisi dan budaya di Mahakam tak boleh dilupakan begitu saja. Tradisi yang kental di sana sudah sepantasnya dihadirkan, karena budaya mereka bukan hanya milik suku di sana tapi milik kita semua. Ini identitas bangsa yang harus selalu dipelihara,” ungkap Ketua Yayasan Total Indonesia, Eddy Mulyadi saat Konferensi Pers di BBJ, Kamis (6/11/2014).

Festival Sei Mahakam ini merupakan festival pertama yang menyuguhkan pameran kebudayaan dari Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Suku Pedalaman Dayak dan Suku Pesisir. Saat ini di Mahakam sana, Eddy bercerita soal kemajuan daerah yang pelan-pelan mengikis tradisi.  Pembangunan fisik tak serta merta berkontribusi banyak bagi warisan budaya, lebih jauh menggerus nilai-nilai tradisi yang ada.

“Di Kutai sana, kami masih mempertahankan tradisi yang ada. Tapi tradisi ini perlu diperkenalkan ke luar, kami harus menciptakan pasar agar tradisi ini terus lestari,” tambah Menteri Sekretaris Keraton Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Haryanto Bachroel.

Festival Sei Mahakam menyajikan seminar,  pertunjukan tari, demo memasak, peragaan busana, pameran barang-barang bersejarah  yang dibawa langsung dari Kutai. Tak hanya itu, pengunjung BBJ juga dapat melihat kebolehan beberapa perajin, puteri asal daerah yang apik membuat kerajinan tangan khas Kutai.

“Kami membawa Kutai ke sini. Jangan lupa untuk melihat seni drama tradisional Kutai yaitu Mamanda. Sebuah seni rakyat dari masa lalu. Selain itu juga masih ada Tari Jepen, seni trades masyarakat suku Melayu Kutai,” tambah Haryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com