Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Pelancong ke Kepulauan Seribu Terus Bertambah

Kompas.com - 20/11/2014, 18:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, mencatat wisatawan yang berkunjung ke wilayah tersebut mencapai 37.000 orang per minggu.

"Jumlah pelancong yang datang untuk berlibur ke Kepulauan Seribu setiap tahun terus bertambah," kata Bupati Kepulauan Seribu, Asep Syarifudin dalam keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan, Wasis Dibyono di Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Dalam seminar bertajuk "Tata Cara Pembangunan di Kepulauan Seribu yang Berkelanjutan", Asep menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 sebanyak 1.138.900 orang dan naik menjadi 1.785.280 orang hingga Oktober 2014.

Adapun jumlah kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu terdiri dari 1.773.026 wisatawan nusantara dan 12.254 isatawan mancanegara.

Asep mengatakan jumlah penginapan yang ada saat ini di Kepulauan Seribu sebanyak 272 unit tersebar di tujuh pulau masing-masing Untung Jawa, Pramuka, Harapan, Kelapa, Tidung, Pari dan Lancang.

KOMPAS/AGUS SUSANTO Kapal pesiar merapat di Pulau Antuk Timur, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Kamis (15/9/2011). Sebanyak 15 persen kawasan di Kabupaten Kepulauan Seribu merupakan taman nasional yang menyimpan potensi laut dan wisata .
Selanjutnya, terdapat tujuh pulau resor masing-masing di Pulau Ayer, Bidadari, Kotok Bagian Tengah, Sepa, Putri, Macan dan Pelangi.

Adapun daerah potensi wisata di Kepulauan Seribu tersebar di Pulau Pari, Tidung, Harapan, Bokor, Untung Jawa, Pramuka, Putri, Gosong Pramuka, Pantara, Bidadari, Ayer dan Kotok.

Asep menambahkan, sektor pariwisata di Kabupaten Kepulauan Seribu yang memiliki penduduk 23.054 jiwa itu terus berkembang setiap tahunnya dan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com