Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Kepiting Berbulu Nan Mendinginkan

Kompas.com - 23/11/2014, 12:06 WIB
KOMPAS.com - Jauh-jauh datang dari Shanghai, kepiting berbulu siap dinikmati di Jakarta. Karena tergolong barang yang susah didapat, olahan kepiting berbulu ini pun menjadi menu mewah. Anda bisa mencoba sensasi menikmati kepiting berbulu Shanghai di restoran Shang Palace, restoran Chinese di Shangri-La Hotel Jakarta.

Sesuai namanya, Shanghai Hairy Crab ini memiliki bulu-bulu halus bagian capit. Dalam bahasa Mandarin, kepiting ini disebut Dha Zha Xiei. Uniknya, julukan kepiting ini adalah kepiting bersarung tangan. Tak heran, bulu-bulunya ibarat sarung tangan membalut capit. Kepiting ini muncul di musim gugur, saat cuaca mendingin menuju musim dingin.

Masyarakat Tiongkok percaya makan kepiting ini memiliki efek mendinginkan tubuh atau Yin. Oleh karena itu, setelah menyantap kepiting berbulu, biasanya disajikan pula minuman jahe yang bersifat menghangatkan tubuh atau Yang. Maka keseimbangan Yin-Yang pun dapat terpenuhi.

Cara mengolah terbaik bahan laut yang segar dan berkualitas tinggi tentu saja dengan cara mengukusnya. Di Shang Palace, ada enam menu olahan kepiting berbulu. Namun pilihan terbaik cobalah menu kepiting berbulu yang dikukus.

Kepiting dikukus dalam waktu yang cukup lama. Cara menikmatinya tentu harus sabar dengan mencukil setiap daging yang ada di dalam kepiting. Karena dikukus, tekstur kepiting yang lembut dan rasa khas kepiting yang manis keluar dengan sempurna. Rasa yang begitu menggoda. Sebenarnya disediakan saus cocolannya. Tetapi, ada baiknya menikmati daging kepiting tanpa saus, karena manis kepiting begitu mengesankan.

Ibarat meditasi, menikmati kepiting berbulu tak bisa buru-buru. Seperangkat perlengkapan mulai dari pencongkel daging, gunting kepiting, sampai pemecah cangkang, telah disediakan. Jika malas "membedah", pelayan di Shang Palace bisa melakukannya untuk Anda.

Pilihan menu olahan lainnya adalah Braised Bird's Nest with Hairy Crab Meat and Roe, Wok Fried Bean Curd with Hairy Crab Meat and Roe, Baked Hairy Crab Roe with Assorted Mushrooms, Braised Four Treasures with Hairy Crab Roe, Steamed Xiao Long Bao with Hair Crab Roe, dan Stir Fried Snow Pea Shoot Vegetables with Hair Crab Meat and Crab Roe.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Baked Hairy Crab Roe with Assorted Mushrooms
Serba merah serba laut

Masih bernuansa laut, di restoran lain Shangri-La Hotel Jakarta yaitu Satoo mengadakan promo bertajuk "Red Night". Tamu bisa menikmati aneka hidangan prasmanan setiap Kamis dengan tema serba merah.

Setiap Kamis, restoran disulap menjadi nuansa merah. Makanan-makanan hingga seragam pelayan pun berwarna merah. Tentu menu yang menjadi pusat perhatian adalah berbagai hidangan seafood. Aneka seafood segar bisa dinikmati dekat dengan counter sashimi. Ada udang hingga tiram. Bahan laut segar yang dinikmati mentah ini dimakan dengan saus berwarna serba merah, seperti strawberry and mango vinaigrette, raspberry vinaigrette, hingga Thousand Island dressing.

Menu lainnya yang patut dicoba adalah Seared Ahi Tuna, Red Dragon Roll, Shrimp Bisque, Salmon Roll in Spicy Provençal Sauce, Singaporean Chilli Crab, dan Seafood Kway Tiao. Tak hanya seafood, ada pula menu lainnya menggunakan daging sapi, ayam, hingga bebek.  Tentu saja tetap bertemakan serba merah. Cicipi Red Wine-Braised Beef Medallion, Szechuan-Style Beef, dan Thai Red Duck Curry with Lychees.

Menu Indonesia yang disajikan adalah Chicken in Rica-Rica Sauce, “Merah” Sweet and Sour Fish, Beef Rendang, dan Red Jackfruit Curry. Tamu yang datang dengan sentuhan warna merah juga akan mendapatkan cocktail atau moctail Red Night.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com