Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 27/11/2014, 15:38 WIB
EditorI Made Asdhiana
YAYASAN Kasih Perduli Lembata beserta Pemerintah Kabupaten Lembata, membangun Kawasan Wisata Rohani Bukit Doa Watomiten, di Desa Bour, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Pengerjaan proyek kawasan wisata rohani yang tengah berjalan ini akan di targetkan selesai Februari 2015.

Kawasan Wisata Rohani Bukit Doa Watomiten yang memang diperuntukkan bagi umat Nasrani diperkirakan akan menarik wisatawan bukan hanya domestik melainkan wisatawan mancanegara. "Ini adalah salah satu pengembangan wisata rohani agar Lembata menjadi destinasi menarik di Indonesia," kata Virginius Natal, Sekretaris Yayasan Kasih Perduli Lembata.

Sebanyak 14 patung yang dibangun menceritakan perjalanan Yesus Kristus seperti saat Yesus mendapatkan hukuman mati, memanggul salibnya, lalu terjatuh untuk pertama kalinya, berjumpa dengan ibunya, ditolong oleh Simon dari Kirene, Veronica mengusah wajah Yesus dan terjatuh untuk kedua kalinya, wanita Jerusalem meratapinya dan terjatuh untuk ketiga kalinya, Yesus dipaku di kayu salib hingga wafat disalib, dan saat dimakamkan.

Selain itu, patung besar Bunda Maria terlihat berdiri di ketinggian saat kita telah berjalan menanjak di bukit menyusuri ke-14 patung tersebut. "Di sini para wisatawan bukan hanya mendapatkan ketenangan jiwa saat berwisata, juga panorama alam yang indah saat matahari tenggelam tiba. Dan kemungkinan Jalan Salib dan Jumat Agung akan ada di sini," tambahnya.

SENDY ADITYA SAPUTRA Memandang laut dari Bukit Doa Watomiten, di Desa Bour, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.
Tak sampai di situ saja, 1.000 patung yang juga mencerminkan wisata rohani akan dibangun di dasar laut berdekatan dengan Bukit Doa Watumiten.

"Untuk pengerjaan sudah kita mulai, pembuatan patung langsung kita buat didasar laut, mulai dari pengelasan, penyatuan rangka besi dan lainnya. Diperkirakan 1.000 patung ini selesai pada tahun 2019 akhir, di mana bukan hanya diperuntukkan untuk berwisata rohani saja, juga membudidayakan terumbu karang yang akan menempel di setiap patung dan penyelam akan melihat keindahan bawah laut di Lembata ini," kata Dosta Sigit Promono, seniman patung yang membuatnya. (Sendy Aditya Saputra)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+