Kompas.com - 27/11/2014, 18:23 WIB
EditorI Made Asdhiana
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Setelah sukses diadakan pertama kalinya tahun lalu, perhelatan Banyuwangi Beach Jazz Festival (Jazz Pantai) bekerja sama dengan Bank BRI kembali diadakan pada tanggal 6 Desember 2014 di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur, dengan nama “BritAma Banyuwangi Jazz Festival”.

Tahun ini tema yang akan diangkat adalah kekayaan budaya pesisir Nusantara, di mana budaya pesisir dikenal sebagai sebuah simbol suatu keterbukaan yang mencerminkan kejujuran identitas. Hal yang juga selaras dengan budaya Jazz, di mana unsur-unsur keterbukaan, kejujuran berekspresi, dan keberagaman selalu menjadi energi baru bagi para musisi.

Keselarasan itulah yang menjadi latar belakang pemilihan pertunjukan musik jazz di pantai dengan langit berbintang dan deburan ombak yang menjadi satu kesatuan dengan musik, di mana tagline tahun ini yaitu “Gulung Ombak, Jazz Bersemarak.”

Firman Taufick, Executive Vice President Bank BRI dalam siaran persnya, Rabu (26/11/2014), mengatakan pihaknya bangga dapat berpartisipasi pada acara yang mengangkat kebudayaan lokal daerah, apalagi dalam rangka melestarikan kebudayaan Indonesia.

"Apalagi pada event ini turut menyematkan produk Bank BRI dalam BritAma Banyuwangi Jazz Festival. Bank BRI dan penyelenggara sama-sama berkeinginan mengangkat kebudayaan daerah," katanya.

BritAma Banyuwangi Jazz Festival adalah salah satu dari rangkaian Banyuwangi Festival yang bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam dan keragaman budaya Kabupaten Banyuwangi. Diharapkan dengan adanya BritAma Banyuwangi Jazz Festival ini sekaligus mempromosikan keindahan pantai-pantai di Banyuwangi sebagai daerah dengan garis pantai terpanjang di Jawa Timur.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Festival Barong Prejeng Etnik Banyuwangi yang digelar di tengah sawah, Minggu (26/10/2014).
Selain menawarkan atmosfer yang unik, BritAma Banyuwangi Jazz Festival juga menawarkan kolaborasi antara musisi jazz dengan seniman lokal sebagai sebuah jembatan untuk menggali kearifan lokal melalui pendekatan musik dan tentu saja untuk memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para penonton.

Setelah Trio Lestari dan Syaharanie & Queenfireworks tampil di Banyuwangi Jazz Beach Festival tahun lalu, Kua Etnika featuring Trie Utami, Tohpati & Friends, Kahitna dan Kolaborasi Seni Tradisi Banyuwangi sebagai penampil di pergelaran BritAma Banyuwangi Jazz Festival tahun 2014. Bertindak sebagai pembawa acara adalah Cak Lontong dan Insan Nur Akbar.

Tiket BritAma Banyuwangi Jazz Festival ditawarkan mulai Rp 250.000 untuk kelas Festival, Rp 300.000 untuk kelas Tribune, Rp 650.000 untuk VIP, dan Rp 1.500.000 untuk VVIP. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.