Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips "Packing" untuk Liburan di Pantai

Kompas.com - 28/11/2014, 14:29 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Liburan di pantai bisa jadi pilihan untuk menikmati liburan panjang akhir tahun. Perlu waspada dengan cuaca hujan yang rutin menyambangi di akhir tahun. Selain itu, ada beberapa barang yang perlu dikemas dalam rangka liburan di pantai. Berikut di antaranya.

Minuman. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi di pantai terutama saat terik matahari. Supaya mendapatkan air minum yang selalu dingin. Malam sebelumnya, isi botol dengan setengah air putih siap minum. Lalu baringkan dan bekukan di lemari pendingin. Sebelum dibawa ke pantai, penuhi botol dengan air putih siap minum. Anda akan mendapatkan air minum yang selalu dingin.

Wadah tertutup. Bawalah wadah tertutup dari plastik yang kedap air dan kedap udara. Wadah ini berguna untuk menaruh benda-benda Anda dari air, misalnya handphone, dompet, dan kamera saku.

Kantung plastik berpenjepit. Pilih ukuran besar. Kantung ini berguna untuk banyak hal. Mulai dari menyimpan baju basah sampai handuk basah. Anda bisa saja menggunakan kantung kresek, namun air menetes dari kantung bisa merepotkan.  

Plastik anti air untuk gadget. Kini sudah banyak dijual plastik atau casing anti air untuk kamera saku maupun handphone. Gunakan casing ini agar Anda tidak menyesal. Sudah banyak kejadian, handphone tanpa sengaja tercemplung ke dalam air laut.

Tas parasut anti air. Bawalah tas jinjing yang mudah dilipat dan anti air. Biasanya menggunakan bahan parasut. Anda bisa memasukan baju renang, baju, sampai sandal di tas ini dengan aman. Sehingga pasir dan air tidak mengenai barang-barang Anda lainnya.

Tas kecil berisi pelembab. Untuk pelembab tabir surya sampai pelembab bibir, bisa Anda tempatkan di tempat terpisah. Sehingga memudahkan Anda saat mencarinya. Baiknya tentu saja tas kecil yang tahan air. Bagi perempuan, mungkin saja termasuk peralatan make up Anda.

Handuk. Handuk pantai adalah barang penting yang harus Anda bawa. Biasanya handuk memang dalam ukuran besar. Cara terbaik untuk membawanya adalah dengan menggulung handuk. Lalu beri karet atau ikat dengan tali agar tidak mudah lepas.

Camilan dan makanan. Di beberapa pantai memang kerap terdapat pedagang yang menjual aneka makanan. Tapi tak ada salahnya Anda membawa bekal sendiri. Pilih yang praktis, seperti pisang atau roti isi. Jika punya cooler box, manfaatkanlah. Gunakan untuk membawa aneka buah dalam kondisi dingin, maupun minuman dingin. Anda bisa membuat piknik sendiri di pantai.

Cuci tangan. Di pantai, orang kerap lupa menjaga kebersihan. Setelah kena pasir, harusnya mencuci tangan sebelum makan. Cara praktis bisa gunakan hand sanitizer. Bawa juga tisu basah.

Benda lainnya. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, baju renang, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com