Kompas.com - 29/11/2014, 14:23 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BANYUWANGI, KOMPAS.com - "Kami membawa kalkun beku untuk dimasak sebagai menu Thanksgiving di Banyuwangi," kata Sofia Blake, istri Dubes Amerika Serikat Robert O Blake Jr kepada Kompas.com, Jumat (21/11/2014).

Tradisi Thanksgiving, yang setiap tahun diadakan pada pekan keempat bulan November, dilakukan oleh bangsa Amerika sebagai rasa bersyukur pada Tuhan, dan berkumpul bersama keluarga. Satu persatu Sofia menjelaskan menu yang biasa disajikan di meja makan saat perayaan Thanksgiving. "Traditional roast turkey with bread stuffing, granberry sauce, gravy, mashed potatoes with garlic and chives, green beans with almonds and lemon," jelasnya sambil menunjukkan satu persatu menu yang ada di meja makan.

Khusus kalkun, Sofia mempersiapkan sendiri bersama tim selama 3 jam sedangkan untuk memanggangnya dia membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan oven khusus. "Untuk isinya bisa bermacam-macam, bahkan saat ini sudah ada yang mengisinya dengan nasi. Setiap orang mempunyai resep yang berbeda-beda," jelas Sofia.

Namun untuk hidangan di Banyuwangi, Sofia memilih isian kalkun dengan roti dan beberapa rempah-rempah khas dari Amerika. "Isian akan dimasukkan ke bagian perut sehingga membulat gendut. Lalu dibakar hingga merata. Saya berharap resep ini disukai oleh banyak orang," katanya sambil tersenyum.

Kepada Kompas.com, istri Dubes AS tersebut menyarankan untuk menikmati daging kalkun dengan saus cranberies yang rasanya manis. "Akan lebih cocok dengan daging kalkun yang rasanya lembut dan gurih. Bisa juga dinikmati dengan saus gravy yang kental dari sari kalkun yang dimasak kembali. Rasanya nikmat sekali," ungkapnya.

Ia mengaku mempunyai resep khusus secara turun temurun dari keluarganya sebagai menu Thanksgiving. Termasuk juga pie labu sebagai penutup makan malam. "Bersyukur di Indonesia kami tidak kesulitan mendapatkan labu. Jika di Amerika, labu juga sering kami ganti dengan puding jagung," katanya.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Aneka makanan yang disajikan Kedubes AS untuk merayakan Thanksgiving di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (28/11/2014).
Sementara itu Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O Blake Jr dan Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Joaquin F Monserrate mendemontrasikan cara memotong kalkun yang menjadi hidangan utama Thanksgiving yang dipusatkan di Pendopo Shabaswagata Blambangan Banyuwangi. "Hampir 99 persen masyarakat Amerika menyajikan menu kalkun di meja makan. Ukuran yang besar cukup disajikan untuk seluruh keluarga besar yang hadir," jelasnya.

Blake juga mengaku perayaan Thanksgiving di Banyuwangi adalah perayaan pertama kali yang dilakukan di daerah. Makan malam Thanksgiving juga dilengkapi dengan tradisi unik yaitu pemberian ampunan untuk seekor kalkun. Di malam thanksgiving ratusan ribu kalkun tersedia di meja makan, maka disisakan satu kalkun yang diampuni untuk tetap hidup. “Kalkun ini yang akan meneruskan regenerasi kalkun-kalkun selanjutnya,” pungkas Dubes Blake.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.