Kompas.com - 05/12/2014, 15:10 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BERBAGAI jenis ikan hasil tangkapan nelayan ada di pasar dan pelelangan ikan Tanjung Luar, Desa Tanjung Luar, Kecamatan Saruak, Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat .

Kalau kamu ingin melihat keramaian di pasar itu, kamu harus datang pagi-pagi sekali. Jarak pasar ikan ini dari kota Mataram  bisa ditempuh dengan 2 jam perjalanan.

Pada dini hari, para nelayan pulang membawa ikan. Mereka lalu sibuk membereskan jaring di atas perahu dan di dermaga. Sejak subuh, pasar ikan Tanjung Luar telah ramai oleh pembeli dan nelayan yang berjualan.

Pasar Ikan Tanjung Luar

Sebelum pembeli berdatangan, biasanya bapak-bapak bermain congklak. Permainannya di tanah yang sudah digaris-garis untuk batas.

Buah congklaknya hanya dari batu seadanya. Permainan berlangsung seru karena penonton sering meledek dan menyoraki. Begitu pembeli datang, mereka sibuk melayani satu persatu.

Di pasar ini, hampir semua orang terlihat memegang ember berisi ikan dan tangkapan laut lainnya. Beberapa ibu tampak membawa balok es di atas kepala.

Mereka membawa balok-balok es itu untuk dimuat di perahu. Begitu hari beranjak siang, pasar mulai sepi. Para nelayan kembali mempersiapkan diri untuk berlayar dan menangkap ikan lagi. (Oliviaks/Potret Negeriku/Annisa/Kidnesia/Foto: Ricky Martin)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kidnesia


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.