Kompas.com - 06/12/2014, 16:04 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BANYAK ungkapan yang menyebutkan bahwa bepergian seorang diri adalah cara terbaik untuk melihat dunia. Bepergian seorang diri alias solo traveling memang memberikan kebebasan penuh pada seseorang yang ingin menjelajahi dunia tanpa harus ada gangguan atau pengaruh dari orang lain.

Jika Anda bepergian dengan banyak orang, tentu harus banyak kepala pula yang harus diakomodasi. Lebih banyak pikiran dan keinginan yang harus ditoleransi. Tapi jika bepergian sendiri, semua terserah Anda.

Solo traveling mungkin sekilas terdengar menyenangkan. Menghabiskan waktu seorang diri menikmati masa liburan mengunjungi tempat baru. Tapi tetap saja, konsep untuk bepergian seorang diri masih dinilai kurang meyakinkan dan kurang cocok bagi sebagian orang. Pertimbangan pertama tentu adalah keselamatan. Banyak yang masih meragukan faktor keselamatan jika harus bepergian seorang diri.

Untuk menjawab keraguan itu, yang harus dilakukan seorang traveler adalah riset yang tuntas. Semakin Anda mengenal destinasi yang aman, maka kemungkinan untuk solo traveling ke daerah itu akan semakin terbuka. Mungkin referensi beberapa negara destinasi wisata di bawah ini bisa membantu Anda untuk meyakinkan diri bahwa sudah waktunya menjajal konsep solo traveling ini. Inilah daftar 10 negara tujuan wisata yang paling ramah untuk solo traveling :

1. Selandia Baru

Anda penggemar berat kisah Lord of the Rings ? Kalau iya, maka rencana untuk mengunjungi Selandia Baru pasti ada di daftar mimpi traveling Anda. Semua ada di sini. Pengalaman menyaksikan glacier, hutan tropis, hingga gunung bersalju tersaji di negara dengan populasi domba terbesar di dunia ini. Penduduknya pun ramah dan terbuka menyambut turis yang datang. Tak perlu ragu untuk datang sendiri ke Selandia Baru.

2. Norwegia

Jika diukur dari satu sisi ke sisi lainnya, panjang wilayah Norwegia kurang lebih hanya 1.000 mil saja. Tapi keindahan alam terhampar di setiap jengkal negara ini. Belum lagi garis pantai yang mengagumkan yang seperti tak bisa dilewatkan begitu saja. Jangan lewatkan pesona cahaya aurora yang bisa ditemukan dengan mudah jika Anda menjelajah ke pegunungan penuh salju di malam hari. Atmosfer di negara ini pun didukung dengan tingkat kebahagiaan warganya yang tinggi. Ke manapun Anda melangkah, semua penduduk siap membantu.

3. Swiss

Untungnya, sudah sejak lama warga Swiss dikenal dengan kebiasaan tidak terlalu mau ikut campur dengan urusan orang. Di satu sisi, kebiasaaan ini akan memberikan nilai plus, karena Anda tidak mungkin mendapatkan gangguan dari siapapun. Tapi minusnya, Anda benar-benar dituntut mandiri. Tapi bukankah itu kosep sesungguhnya dar isolo traveling? Menikmati keindahan pegunungan salju seorang diri. Belum lagi hampir seluruh wilayah Swiss dilengkapi dengan fasilitas pejalan kaki yang sangat baik. Jika Anda memutuskan untuk menikmati Swiss di waktu malam pun, dijamin tidak akan ada yang berusaha melukai atau mencederai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.