Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2014, 09:23 WIB
EditorI Made Asdhiana
BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Paket wisata Kalimantan Timur diminati biro perjalanan wisata dan perhotelan di Nusantara. Hal ini terbukti pada "table top meeting" yang digelar di Jawa Timur pada November 2014.

"Hal ini bisa dilihat dari dari antusias peserta yang mencapai 54 biro dari 50 biro perjalanan dan perhotelan yang ditargetkan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, HM Aswin di Samarinda, Kamis (11/12/2014).

Menurut Aswin, acara yang digelar atas kerja sama Disbudpar Kaltim dengan Disbudpar Jawa Timur ini merupakan langkah "jemput bola" produk paket wisata dengan mempertemukan pembeli dengan penjual paket wisata di daerah.

"Kegiatan 'table top meeting' selama tiga hari di Surabaya itu telah membuahkan hasil yang besar bagi produk paket wisata Kaltim. Target 50 biro dan yang bertransaksi mencapai 54 biro," katanya.

Aswin memaparkan, "table top meeting" digelar sebagai upaya turun langsung Disbudpar Kaltim ke provinsi lain guna menawarkan produk-produk paket wisata untuk dapat dijual kepada pembeli atau peminat dari biro perjalanan wisata.

Penjual produk paket wisata Kaltim terdiri dari Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) dan DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kaltim.

KOMPAS/SAMUEL OKTORA Pemandangan tampak indah di Pulau Maratua di kawasan Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Rabu (18/9/2013), ketika air laut surut. Resor berdiri di atas pasir putih nan bersih.
Kegiatan "table top meeting" merupakan ajang jual beli paket wisata yang dimiliki Kaltim yang tergabung dalam DPD Asita Kaltim bersama sektor perhotelan yang ditujukan kepada calon wisatawan nusantara melalui biro perjalanan wisata Jawa Timur.

"Penjual kita dari Disbudpar Kaltim bersama Asita dan PHRI menawarkan kepada pembeli terdiri Asita dan PHRI Jawa Timur. Namun, pada saat itu telah terjadi transaksi dua arah atau jual beli produk paket wisata masing-masing daerah," kata Aswin.

Dia menambahkan potensi wisata dan pembangunan kepariwisataan Kaltim cukup meningkat dan kondisi ini imbas dari kebijakan serta komitmen yang tinggi dari masing-masing kepala daerah didukung instansi teknis setempat untuk terus mengembangkan kegiatan kepariwisataan melalui agenda rutin seni budaya tahunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+