Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Wisata Kaltim Diminati Wisatawan

Kompas.com - 12/12/2014, 09:23 WIB
BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Paket wisata Kalimantan Timur diminati biro perjalanan wisata dan perhotelan di Nusantara. Hal ini terbukti pada "table top meeting" yang digelar di Jawa Timur pada November 2014.

"Hal ini bisa dilihat dari dari antusias peserta yang mencapai 54 biro dari 50 biro perjalanan dan perhotelan yang ditargetkan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, HM Aswin di Samarinda, Kamis (11/12/2014).

Menurut Aswin, acara yang digelar atas kerja sama Disbudpar Kaltim dengan Disbudpar Jawa Timur ini merupakan langkah "jemput bola" produk paket wisata dengan mempertemukan pembeli dengan penjual paket wisata di daerah.

"Kegiatan 'table top meeting' selama tiga hari di Surabaya itu telah membuahkan hasil yang besar bagi produk paket wisata Kaltim. Target 50 biro dan yang bertransaksi mencapai 54 biro," katanya.

Aswin memaparkan, "table top meeting" digelar sebagai upaya turun langsung Disbudpar Kaltim ke provinsi lain guna menawarkan produk-produk paket wisata untuk dapat dijual kepada pembeli atau peminat dari biro perjalanan wisata.

Penjual produk paket wisata Kaltim terdiri dari Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) dan DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kaltim.

KOMPAS/SAMUEL OKTORA Pemandangan tampak indah di Pulau Maratua di kawasan Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Rabu (18/9/2013), ketika air laut surut. Resor berdiri di atas pasir putih nan bersih.
Kegiatan "table top meeting" merupakan ajang jual beli paket wisata yang dimiliki Kaltim yang tergabung dalam DPD Asita Kaltim bersama sektor perhotelan yang ditujukan kepada calon wisatawan nusantara melalui biro perjalanan wisata Jawa Timur.

"Penjual kita dari Disbudpar Kaltim bersama Asita dan PHRI menawarkan kepada pembeli terdiri Asita dan PHRI Jawa Timur. Namun, pada saat itu telah terjadi transaksi dua arah atau jual beli produk paket wisata masing-masing daerah," kata Aswin.

Dia menambahkan potensi wisata dan pembangunan kepariwisataan Kaltim cukup meningkat dan kondisi ini imbas dari kebijakan serta komitmen yang tinggi dari masing-masing kepala daerah didukung instansi teknis setempat untuk terus mengembangkan kegiatan kepariwisataan melalui agenda rutin seni budaya tahunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com