5 Tanda Hotel Pilihan Anda Bakal Mengecewakan

Kompas.com - 14/12/2014, 13:03 WIB
shutterstock ILUSTRASI - Petugas hotel sedang merapikan kamar tamu.
KOMPAS.com - Di era serba online, sangat mudah memesan penginapan di sebuah destinasi wisata. Walaupun yang dipesan bukanlah hotel bintang lima atau resor mewah.

Namun, karena memesan secara online, perlu berhati-hati saat menentukan pilihan. Sikap hati-hati juga tetap berlaku di penginapan mewah sekalipun. Sudah banyak kasus ketika seorang tamu kecewa dengan hotel yang diinapi karena tidak sesuai dengan yang dipromosikan sebelumnya. Berikut petunjuk yang perlu Anda perhatikan.

Ulasan tamu. Situs-situs perjalanan membantu kita untuk mendapatkan ulasan dari tamu yang pernah menginap di sebuah hotel. Perhatikan apakah banyak komentar negatif yang muncul di ulasan hotel tersebut. Namun, jangan mengandalkan satu situs perjalanan, coba bandingkan komentar-komentar dari berbagai situs perjalanan.

Situs online resmi. Jika situs online resmi hotel tampak terurus dengan foto-foto yang dipasang dalam resolusi kecil, perlu Anda curigai kredibilitas hotel tersebut. Saat ini, bahkan hostel dan hotel bintang melati pun telah memiliki website resmi. Walaupun tidak, biasanya pihak pengelola memiliki Facebook page untuk mempromosikan hotelnya. Cobalah lakukan pencarian di dunia maya untuk mendapatkan foto terbaru dari kondisi hotel tersebut.

Foto hotel. Siapapun bisa menggunakan software untuk menyunting foto, misalnya Photoshop. Coba Anda perhatikan dengan seksama, apakah foto kamar maupun hotel secara keseluruhan asli atau penuh dengan suntingan sehingga terkesan berlebihan.

Lokasi. Apakah lokasi hotel tersebut memang sesuai dengan yang dideskripsikan di situs online resmi hotel? Cara mengetahuinya adalah menggunakan peta yang tersedia di Google Map. Cari tahu lokasi sebenarnya. Bahkan sekarang sudah ada Google Maps Street View untuk melihat kondisi nyata lingkungan tempat hotel itu berada. Atau, Anda bisa menelepon kantor pariwisata setempat untuk bertanya lokasi hotel yang Anda incar. Jika ternyata tak sesuai deskripsi, hotel tersebut tak bisa dipercaya.

Telepon. Zaman memang sudah serba online. Tetapi cobalah telepon ke penginapan tersebut. Apakah memang ada orang yang mengangkat telepon dan dengan ramah memberikan informasi yang Anda butuhkan? Hal ini berguna sebagai gambaran awal kondisi pelayanan yang akan terima nantinya.



EditorNi Luh Made Pertiwi F

Close Ads X