Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2014, 16:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Jika ada yang namanya budget airline (penerbangan bujet rendah), maka konsep budget cruise (kapal pesiar bujet rendah) juga bisa dibuat. Hal tersebut diungkapkan Senior Manager Pelni Shipping Agencies Buddi Santoso. Ia menuturkan bahwa PT Pelni memang berencana mengembangkan konsep budget cruise.

"Budget cruise ini dalam hal peningkatan pelayanan seperti di dalam cruise. Saat ini hanya ada dua departemen di kapal (Pelni), deck (geladak) dan engine (mesin). Kalau memang untuk kembangkan budget cruise, mesti tambah yaitu hotel department," jelas Buddi saat ditemui Kompas Travel, di Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Ia menjelaskan nantinya PT Pelni akan kedatangan kapal ke-25 yang akan diproyeksikan untuk pengembangan budget cruise. Misalnya interior yang memungkinkan untuk pelayanan hotel.

"Mungkin tidak perlu sampai ada teater atau kasino. Yang penting layak untuk tidur, baca buku, browsing internet. Fasilitas-fasilitas itu. Tapi mereka kan nggak cuma tidur. Seperti budget hotel juga fasilitasnya," kata Buddi.

Tetapi, lanjut Budi, tidak menutup kemungkinan kapal-kapal lama pun bisa dikembangkan untuk budget cruise. Apalagi selama ini tingkat keterisian kabin penumpang mengalami ketimpangan, yaitu penuh hanya di kelas ekonomi.

"Jadi masih ada kelas 1 sampai 3. Ini jarang dipakai. Paling penuh saat Natal atau Lebaran saja," ungkap Buddi.

KOMPAS/ICHWAN SUSANTO Pemandangan obyek wisata Telaga Bintang di Painemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (21/6/2014), menjadi daya tarik bagi penggemar wisata alam bebas. Selain memiliki keindahan alam laut, kabupaten kepulauan ini juga memiliki pesona daratan yang belum banyak digarap. Beberapa potensi yang ditawarkan antara lain pengamatan burung cenderawasih, kakaktua, dan nuri serta tracking cagar alam.
Pesiar atau tur Pelni ini rencananya mengikuti trayek yang memang sudah dimiliki Pelni. Pesiar ini digabungkan dengan tur darat seperti city tour ke kota yang dekat dari pelabuhan, sekitar satu sampai satu setengah jam. Sehingga pihaknya berencana menggandeng agen perjalanan wisata di daerah.

Buddi menjelaskan contoh rute yang akan digarap dalam cruise Pelni ini misalnya perjalanan selama dua minggu, dari Surabaya ke Ujung Pandang, Flores, dan Banda (Maluku). Saat ini, Pelni sudah menawarkan tur ke Raja Ampat, Papua selama 3 hari 2 malam pada Desember 2014.

"Ini perjalanan subsidi. Jadi Pelni rugi, tetapi demi promosi Indonesia untuk orang kita sendiri. Ini sebagai usaha trial and error. Untuk Raja Ampat sudah fully booked," tambah Buddi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+