Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Oleh-oleh Khas Tanah Dayak di Pasar Kebun Sayur

Kompas.com - 16/12/2014, 17:04 WIB
BANYAK orang beranggapan liburan belum sempurna tanpa adanya buah tangan sebagai bukti telah menjelajahi suatu tempat. Tentu tak sama dengan pandangan pribadi yang beranggapan sebuah cerita lebih penting daripada sebuah oleh-oleh.

Sewaktu pulang dari Derawan via Bandara Kalimaru Berau, pelancong tujuan Jakarta harus singgah dulu di Bandara Sepinggan, Balikpapan. Pelancong harus menunggu penerbangan menuju Jakarta yang akan berangkat pada pukul 1 siang hari. Namun saat itu,  kami tiba pukul 8 pagi, mengisyaratkan kami untuk tak tinggal diam.

Menjelajahi sejenak Balikpapan muncul dari diskusi singkat bersama 5 orang teman. Kami pun berjalan menuju gerbang bandara untuk mendapatkan transportasi yang akan membawa kami keliling Balikpapan. Tak kunjung mendapat taksi, kami mengobrol dengan beberapa warga Balikpapan untuk menggali informasi. Mereka membawa kami pada seseorang yang memberi layanan keliling Balikpapan dengan minivan dengan biaya yang cukup murah yaitu Rp 250.000 saja.

Setelah semua barang bawaan masuk ke dalam mobil, tujuan utama adalah mencari oleh-oleh. Supir memberikan informasi bahwa mencari oleh-oleh khas di Balikpapan yang berupa kerajinan tangan tak lain ialah di Pasar Tradisional Kebun Sayur. Namanya saja Kebun Sayur, uniknya sama sekali tak terlihat orang-orang menjajakan sayur di tempat ini.

Hal yang terlihat adalah beberapa toko yang menawarkan beragam kerajinan tangan khas Balikpapan dengan beragam bentuk. Kegiatan pencarian buah tangan tampak menarik. Dari suvenir yang berharga Rp 15.000 hingga ratusan ribu rupiah dapat ditemui di tempat ini.

Ada berbagai macam kerajinan, seperti aksesoris yang terbuat dari manik-manik hingga batu khas Kalimantan sampai dengan berlian dengan mudah ditemui di tempat ini. Para penjual yang ramah pun tak segan-segan memberi diskon. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

Tak lupa di sini juga tersedia beragam kain batik dengan harga murah dengan motif utama batik Kalimantan Timur dan sarimbit yang bervariasi. Sampai-sampai ada penjual yang sehari-harinya menggantungkan hidup berjualan di pasar ini mengatakan “Di mana lagi mencari oleh-oleh khas tanah Dayak terlengkap selain di Pasar Kebun Sayur". (Detha Arya Tifada)

Baca kisah selengkapnya di Kompasiana: "Berburu Oleh-oleh Khas Tanah Dayak di Pasar Kebun Sayur".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kompasiana
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com