Pelni Ikut Garap Tur Gerhana Matahari Total 2016 - Kompas.com

Pelni Ikut Garap Tur Gerhana Matahari Total 2016

Kompas.com - 17/12/2014, 13:19 WIB
AP PHOTO / News Herald, Andrew Wardlow Nelayan memancing ikan dengan latar belakang gerhana matahari parsial di Panama City Beach, Florida, 23 Oktober 2014.
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelni akan mendukung wisata Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016. GMT ini diperkirakan melintasi beberapa daerah di Indonesia seperti Palembang, Palangkaraya, Palu, Ternate, dan lainnya. Beberapa travel agent luar seperti dari Singapura, sudah mulai menjual paket wisata GMT Indonesia 2016.

Pelni pun tak mau kalah. Seperti diungkapkan Senior Manager Pelni Shipping Agencies Buddi Santoso, pihak Pelni bisa menyiapkan tiga kapal untuk mendukung acara tersebut. "Ada tiga kapal, di Bangka Belitung, Palu, dan Ternate. Ini kapal-kapal besar," jelas Buddi  saat seminar mengenai "Discover Indonesia's Solar Eclipse 2016", di Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Apalagi, lanjut Buddi, bulan Maret tergolong low season (musim rendah kunjungan wisatawan). Sehingga kapasitas kabin penumpang bisa dimaksimalkan untuk wisatawan yang ingin mengamati gerhana matahari. Buddi menjelaskan juga kapal dilengkapi dengan alat kebugaran, jogging track, dan area bermain untuk anak-anak.

Nantinya, selain sebagai alat transportasi menuju daerah yang dilintasi GMT, peserta tur juga akan menginap di kapal. Sehingga kapal Pelni juga bertindak sebagai hotel terapung.

KOMPAS.com/YOGA SUKMANA Ilustrasi: Kapal milik PT Pelni
Buddi menjelaskan beberapa kapal pesiar asing sudah terdata untuk masuk ke Indonesia pada Maret 2016. Ia menuturkan ada kapal jelajah yang akan masuk, salah satunya adalah National Geographic Orient. Ia memperkirakan beberapa kapal ini akan menuju Ternate atau Palu.


"Ada yang dari Darwin lalu ke utara, jadi start di Indonesia di Banda. Feeling saya lihat gerhana di Ternate. Soalnya paling lama dan jelas sepertinya di Ternate. Ada juga dari Malaysia sepertinya akan mengarah ke Palu," katanya.

EditorI Made Asdhiana
Komentar
Close Ads X