Kompas.com - 18/12/2014, 13:36 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Penyewaan pelampung anak-anak di Pantai Sanur, Bali, laris di hari Manis Galungan, Kamis (18/12/2014), setelah kemarin (Rabu, 17/12/2014) umat Hindu merayakan hari raya Galungan.  

"Hari ini kan Manis Galungan, banyak yang mandi di sini (Pantai Sanur). Ya lumayanlah banyak yang nyewa," kata Putu Parwatin (57), salah satu penyedia jasa sewaan pelampung anak di Pantai Sanur, Denpasar.

Parwati yang  menekuni jasa penyewaan pelampung sudah 3 tahun ini memang bisa merasakan bagaimana kondisi penyewaannya di tengah persaingan dengan yang lain. Diakui Parwati, hari biasa hanya mendapatkan Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Sementara jika ramai pengunjung bisa mencapai Rp 100.000 hingga Rp 200.000 ribu per hari. Sementara untuk tarif sewa pelampung anak antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tergantung jenis pelampungnya.

Masyarakat penyewa mengaku terbantu dengan penyewaan ini karena praktis tidak harus membawa dari rumah. Tarifnya juga relatif murah sehingga masyarakat tidak merasa keberatan.

"Ya praktis lah, nggak bawa dari rumah. Ribet. Tarifnya juga murah kok, bahkan kita bisa pakai sepuasnya hingga selesai mandi," kata Wayan Astiningsih, salah satu penyewa pelampung untuk anaknya.

Manis Galungan yang hadir satu hari setelah Hari Galungan ini biasanya dimanfaatkan umat Hindu untuk bersilaturahmi kepada sanak keluarga. Di samping tradisi silaturahmi juga dimanfaatkan berkunjung ke tempat-tempat wisata untuk menghilangkan kepenatan dan kelelahan yang sebelumnya menjalani serangkaian upacara hari Galungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.