Kompas.com - 24/12/2014, 11:51 WIB
Pantai Pandawa di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANOPantai Pandawa di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
|
EditorI Made Asdhiana
BERBICARA tentang wisata pantai di Bali seakan tidak ada habisnya. Sebut saja Pantai Kuta, Dreamland, Sanur, dan banyak lagi lainnya. Kali ini, ada pantai baru yang tidak kalah keren dengan pantai-pantai pesohor terdahulu, namanya Pantai Pandawa.

Terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor yang hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari kawasan Nusa Dua, dan sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO Pantai Pandawa di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Dulunya, oleh warga sekitar, pantai ini populer disebut "secret beach" karena memang indah dan tersembunyi di balik perbukitan batu. Ketika saya berkunjung pertengahan Desember 2014 lalu, matahari sedang terik-teriknya, terlihat pantai mulai ramai dipadati pengunjung.

Selain karena akses menuju pantai yang telah dipermudah, ketenaran Pantai Pandawa kian ramai diperbincangkan di kalangan para pelancong. Jujur saja, karena ternyata tidak sesepi yang dibayangkan sebelumnya, niat saya untuk menikmati suasana pantai secara lebih intim agak terusik.

KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO Pemandangan tebing dan hamparan laut lepas dari kawasan Pura Uluwatu, di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.
“Wuih, keren banget ya, mas!” sahut Arina Yulistara, rekan sesama jurnalis yang turut diundang ke Bali dalam acara media trip yang digelar salah satu grup hotel terkemuka, saat memasuki area pantai.

Memang, angin pesisir yang menyegarkan, hamparan pasir putih nan halus selaras dengan warna laut yang bergradasi biru tua hingga biru muda. Indah. Bebas sampah tidak seperti Kuta.

KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO Jelang matahari terbenam di Pura Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (13/12/2014).
Untuk yang ingin berteduh, di pantai ini berderet payung dan kursi panjang yang disewakan penduduk lokal. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 50.000 sampai Rp 75.000 Anda bisa menggunakannya bebas sepanjang waktu hingga matahari terbenam. Sayang waktu kami tak lama, hanya mengambil beberapa foto, mencoba mengulik informasi, lalu pergi.

Matahari mulai menurun. Masih di Kabupaten Badung, kami melanjutkan perjalanan ke lokasi selanjutnya, kawasan Pura Uluwatu. Menjadi salah satu obyek wisata terfavorit di Pulau Dewata, berada di atas tebing yang langsung menghadap ke laut lepas, lokasi pura yang didirikan sekitar abad XI ini dinilai sangat indah dan menakjubkan.

KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO Turis dan monyet di Pura Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (13/12/2014).
Saat memasuki kawasan Pura Uluwatu, pengunjung harus mengenakan kamen (dalam istilah Bali, kain yang umumnya dipergunakan untuk sembahyang ke pura) berwarna ungu atau selendang berwarna kuning. Di kawasan pura juga terdapat ratusan kera liar dan sering dijadikan obyek foto para wisatawan. Menikmati pemandangan sunset dengan hamparan laut lepas merupakan salah satu daya tarik utama di tempat ini.

Pengunjung juga dapat menyaksikan tarian kecak setiap hari pada pukul 18.00 – 19.00 Wita, di tribun sebelah utara yang dapat menampung kapasitas sekitar 300 orang. Jarak dari kawasan pura menuju panggung tempat berlangsungya tarian kecak kurang lebih 100 meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.