Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Warna Manik-Manik Dayak

Kompas.com - 24/12/2014, 20:16 WIB
PERNAK-pernik dari manik-manik khas Suku Dayak di Kalimantan menggemaskan. Saat ini, pernak-pernik manik-manik makin beragam bentuknya. Ada yang dijadikan kalung, tas laptop, dompet, gantungan kunci, sarung telepon genggam, dan bahkan syal!

Sejak dahulu kala, manik-manik telah menjadi bagian dari kehidupan Suku Dayak. Manik-manik dianyam untuk dijadikan pakaian adat, ikat kepala, gendongan anak, dan sebagainya.
 
Ternyata, manik-manik pada berbagai perlengkapan Suku Dayak itu bukan hanya hiasan. Bukan hanya untuk mempercantik. Manik-manik bagi Suku Dayak memiliki makna yang dalam.

Makna yang dalam itu terletak pada warnanya. Biasanya, warna manik-manik Suku Dayak adalah merah, kuning, hijau, biru, dan putih. Apa rahasia di balik warna-warna itu?

Manik-manik berwarna merah bermakna semangat hidup. Warna biru bermakna sumber kekuatan dari segala penjuru yang tidak mudah luntur. Kalau warna kuning adalah simbol dari keagungan dan keramat. Sementara warna hijau memiliki arti intisari alam semesta. Terakhir, warna putih adalah lambang kesucian iman seseorang kepada Sang Pencipta.

Selain warnanya, jenis batu untuk membuat manik-manik Suku Dayak juga memiliki makna. Misalnya, manik-manik dari batu akik bermakna dapat menyembuhkan penyakit dan membuat panen berhasil. Kalau manik-manik dari batu kecubung dipercaya juga sebagai penyembuh penyakit dan penawar racun hewan berbisa.

Bagi Suku Dayak, manik-manik dipercaya pula sebagai penolak bala atau pengusir kekuatan roh jahat. Selain itu, manik-manik dapat meninggikan derajat pemiliknya. Ternyata, manik-manik bagi Suku Dayak tidak hanya untuk gaya saja. Nah, bagi kita, apa maknanya saat memakai manik-manik Suku Dayak? Maknanya, kita bangga pada budaya bangsa kita! Setuju? (Lita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kidnesia
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com