Kompas.com - 27/12/2014, 17:16 WIB
Salah satu armada maritim yang dimiliki oleh TNI-AL yang tengah merapat di dermaga di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. R. Ukirsari Manggalani/National Geographic TravelerSalah satu armada maritim yang dimiliki oleh TNI-AL yang tengah merapat di dermaga di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
"SELAMAT datang di Anambas, salah satu kepulauan di Indonesia yang memiliki nilai strategis karena letaknya berdekatan dengan Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Kamboja," demikian sambut Letnan Kolonel Laut (P) Agung Jaya Saktika di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa.

Menempuh perjalanan udara dari Jakarta menuju Batam, diteruskan Batam ke Matak menggunakan pesawat kecil Fokker-50 serta dilanjutkan perjalanan laut dengan Kapal Angkatan Laut (KAL) Baruk. Perjalanan nan jauh ini tidak membuat jemu.

Justru kebalikannya: menghadirkan keingintahuan lebih besar akan seberapa indah gugusan pulau-pulau terdepan negeri kita. Apalagi kabarnya, salah satu pulau di Kepulauan Anambas ini disebut-sebut sebuah media sebagai pulau tropis terbaik di Asia.

Salah satu tujuan yang diharapkan dari kedatangan para tamu—termasuk para jurnalis ini— adalah menghadirkan dan terus menumbuhkan semangat patriotik kita sebagai bangsa sebuah negara maritim.

"Saya sendiri, meski sudah pernah melakukan patroli beberapa kali, cukup tercengang dengan keelokan kawasan ini," tutur Letkol Laut Agung.

Dan tak kalah mengharukan adalah saat kami—para tamu—beserta seluruh jajaran tuan rumah yang menyambut kami, bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Betapa indah sekaligus patriotik bahwa lagu kebanggaan dan bagian jati diri bangsa kita ini berkumandang sampai jauh, ke salah satu pulau terluar Indonesia.

Malamnya, dalam acara santap malam di Anambas Resort, acara didahului dengan seruan semangat kami semua: Jalesveva Jayamahe. Justru di laut kita jaya. Di laut manakah? Di lautan Indonesia. Sebuah semboyan yang tidak hanya menjadi milik TNI AL tetapi juga kita sebagai bangsa maritim.

(R Ukirsari Manggalani)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.