Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golf, Olahraga Sambil Berwisata

Kompas.com - 28/12/2014, 12:32 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -  Selain dapat digunakan sebagai fasilitas dan sarana olahraga, nyatanya lapangan golf juga menyimpan potensi wisata. Hal tersebut diungkapkan oleh Manager MICE & Golf Universal Holiday, Erwin SM Syaifudin. Menurutnya, padang golf yang indah dapat menggairahkan kedatangan wisatawan.

“Saat ini olahraga golf sudah mulai diminati berbagai kalangan. Hanya saja memang masih terkesan eksklusif. Bukan apa-apa, ini karena kesulitan saat bermain. Tak semua orang bisa golf dengan sekali lihat. Bagi pemain golf, selain harus fokus dengan permainan, obyek yang selalu dirindukan ialah padang golf-nya. Padang rumput golf dengan pemandangan yang indah kerap kali menjadi pilihan mereka bermain,” ungkapnya saat ditemui Kompas Travel, Jumat (26/12/2014) di Bandung.

Saat ini, Indonesia memiliki hampir 100 lapangan golf. Hanya saja belum banyak yang berstandar internasional. Padahal menurut Erwin peminat golf terus bertambah. “Kita bisa lihat, sudah banyak turnamen golf yang diselenggarakan di Indonesia, bahkan sudah ada yang berkembang sehingga peserta tak hanya dari Indonesia tapi juga internasional. Untuk penyelenggaraaan turnamen butuh lapangan yang berstandar tertentu. Lapangan golf dengan standar internasional dan view yang bagus berpotensi menjadi pilihan penyelenggara turnamen,” tambahnya.

Dengan kesediaan lapangan golf yang banyak, menurut Erwin, Indonesia sebenarnya berpotensi untuk mengembangkan golf sebagai salah satu olahraga sekaligus obyek wisata. “Saat ini mungkin Tiongkok yang menjadi sasaran para pemain golf. Lapangan di sana berstandar internasional dengan view  yang baik. Tak menutup kemungkinan kalau Indonesia ke depannya dapat mengambil pasar ini dengan ketersediaan lapangan golf di sini,” tuturnya.

Kalau di Indonesia, Erwin menyebutkan beberapa lapangan golf yang memiliki pemandangan yang cukup baik. “Dua lapangan golf dengan panorama yang cukup baik di Indonesia menurut saya adalah Nirwana Bali dan Bintan. Pemandangan lapangan di Nirwana Bali benar-benar indah dengan latar sawah dan laut. Lokasinya memang berada tepat di pinggir laut. Lapangan golf terbaik kedua yaitu di Bintan, lokasinya juga di pinggir laut. Pemandangan seperti ini yang selalu membuat kita ingin kembali lagi bermain golf,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com