Kompas.com - 28/12/2014, 13:44 WIB
Suasana dalam gerbong kereta uap dari Museum Kereta Api Ambarawa ke Stasiun Bedono, Jawa Tengah dalam kegiatan MesaStila Challenge, Minggu (6/10/2013). KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARISuasana dalam gerbong kereta uap dari Museum Kereta Api Ambarawa ke Stasiun Bedono, Jawa Tengah dalam kegiatan MesaStila Challenge, Minggu (6/10/2013).
|
EditorI Made Asdhiana
SEMARANG, KOMPAS.com - Upaya menarik wisatawan pada libur natal 2014 dan tahun baru 2015 dilakukan dengan beragam hal. Salah satu upaya itu dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan membuka paket wisata kereta uap dari Stasiun Ambarawa, Kabupaten Semarang menuju Stasiun Tuntang.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi IV Semarang, Suprapto mengatakan pembukaan paket wisata demi menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengoptimalkan hari liburnya. KAI membuka jalur paket wisata itu mulai hari ini, 28 Desember hingga 5 Januari 2015. "Kami buka secara reguler tiga kali sehari, dari Ambarawa ke Tuntang," ujar Suprapto, Minggu (28/12/2014).

Paket wisata selama sepekan itu dibuka tiap hari di Stasiun Ambarawa pada tiga sesi. Yakni, pukul 09.00 WIB, 11.00 WIB dan 13.00 WIB. Tiap perjalanan yang dipatok, gerbong kereta mampu mengangkut 150 tempat duduk. "Tiket yang kami patok Rp 50.000 per orang. Kami berharap paket wisata ini dapat menampung animo masyarakat yang ingin merasakan perjalanan wisata kereta api," tambahnya.

Namun, tarif Rp 50.000 untuk jarak Ambarawa hingga Tuntang dinilai terlalu mahal. Terlebih jarak tempuh antara dua wilayah tersebut terlampau dekat. Semestinya, tarif yang diberlakukan kepada calon penumang bisa lebih terjangkau. "Tiketnya kemahalan untuk trip Ambarawa-Tuntang. Jangan atas nama heritage bisa menentukan tarif seenaknya," ujar salah satu warga, Munir.

Untuk itu, Munir meminta tiket bagi warga lokal bisa lebih merakyat. Dia ingin agar wisatawan domestik bisa berwisata dengan dana terjangkau. "Mungkin tarif itu bagus jika untuk wisatawan asing," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X